Selasa, 22 September 20

Sosialisasi 4 Pilar, MPR Gelar Wayang Kulit

Sosialisasi 4 Pilar, MPR Gelar Wayang Kulit
* Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid ketika membuka sosialisasi empat pilar di Karanganyar, Sabtu (8/10/2016).

Karanganyar, Obsessionnews.com – Wakil Ketua MPR RI MPR Hidayat Nur Wahid membuka pagelaran wayang kulit di Lapangan Desa Karangbangun Kabupaten Karanganyar, Sabtu (8/10/2016).

Pagelaran wayang yang mengangkat lakon Wiratha Parwa dengan dalang Ki Edy Gandrung ini merupakan salah satu metode sosialisasi Empat Pilar MPR yang dilaksanakan bekerjasama dengan Pemkab Karanganyar.

Menurut Hidayat, pagelaran wayang kulit merupakan media yang tepat dan efektif untuk mensosialisasikan program karena ada dialog untuk mendapatkan masukan dari masyarakat di pedesaan.

“Dengan pagelaran seni budaya ini, MPR telah melakukan dua hal yaitu mengadakan pagelaran seni budaya wayang kulit menjadi bagian dari sosialisasi Empat Pilar MPR RI dan mendukung pelestarian seni budaya di seluruh tanah air, maka MPR ikut melestarikan dan menjaga kebudayaan luhur,” kata Hidayat.

Hidayat menegaskan, sosialisasi Empat Pilar MPR merupakan kegiatan MPR untuk melaksanakan perintah UU yaitu UU No 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD yang menugaskan MPR untuk menyosialisasikan Pancasila, UUD NRI tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Langkah strategis telah dilakukan MPR adalah dengan mensosialisasikan nilai-nilai luhur Pancasila kepada seluruh masyarakat dengan berbagai metode yang tepat sesuai dengan sasaran dengan telah ditentukan, seperti pagelaran seni budaya wayang kulit.

Sementara itu, Wakil Bupati Karanganyar Rahadi Widodo berharap pertunjukan wayang ini bisa lebih mendekatkan lagi seni budaya pewayangan pada masyarakat. Selain Hidayat Nur Wahid, pagelaran wayang juga disaksikan beberapa anggota MPR di antaranya Rahayu Saraswati Dhirakanya Djojohadikusumo, (Fraksi Gerindra), Zulfikar Achmad (Fraksi Demokrat), Martri Agoeng, (Fraksi PKS). (Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.