Kamis, 18 April 24

Sosialisasi Empat Pilar, Zainal Arifin Ajak Masyarakat Gotong Royong Hadapi Covid-19

Sosialisasi Empat Pilar, Zainal Arifin Ajak Masyarakat Gotong Royong Hadapi Covid-19
* Anggota MPR RI Zainal Arifin, Amd.Kep tengah mengadakan kegiatan sosialisasi empat pilar. (Foto: Dok Pribadi)

Berau, Obsessionnews.com – Anggota MPR RI Zainal Arifin, Amd.Kep mengatakan, masyarakat Indonesia sejatinya punya kemampuan besar dalam menyelesaikan persoalan pandemi corona ini atau covid-19. Meski diakui jumlah kasusnya terus naik, tapi dia percaya corona bisa diatasi di Indonesia.

Keyakinan itu kata Zainal didasarkan pada satu jiwa dan semangat yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, yakni jiwa gotong royong, jiwa persatuan seperti halnya yang termuat dalam butir Pancasila, ke tiga, yakni persatuan Indonesia. Sikap gotong royong itu sudah menjadi watak dasar dari masyarakat Indonesia.

“Semangat gotong royong inilah yang melahirkan kepedulian untuk sama-sama mau melakukan hal yang terbaik dalam penanganan corona ini. Jadi meskipun kasusnya masih tinggi, kita masih punya rasa peduli terhadap sesama.”



Hal itu disampaikan Zainal disela-sela kegiatan sosialisasi empat pilar yang diadakan di Desa Tepian Buah, Kecamatan Segah, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, dan turut dihadiri para tokoh masyarakat, tokoh adat, karangtaruna, serta Jemaat GKII Tepian Buah, pada Jumat, 11 September 2020.

Zainal yang juga merupakan Senator dari Kalimantan Timur ini menyatakan, jika empat pilar dimaknai dan diterapkan di kehidupan nyata dalam berbangsa dan bernegara, dia percaya persoalan yang dihadapi Indonesia ini mudah tertangani, karena masyarakat Indonesia sebenarnya adalah manusia terdidik.

“Kita perlu memahami dan mengamalkan empat pilar kebangsaan untuk mempererat persatuan dan kesatuan mengatasi berbagai masalah. Terutama di tengah situasi pandemi covid-19 ini,” jelasnya.

Ketua Dewan Adat Kalimantan Timur ini terus mengajak masyarakat agar mendukung upaya pencegahan penularan covid-19. Termasuk mengatasi segala dampak yang ditimbulkan. Kata Zainal, lakukan yang terbaik dan berhenti menyalahkan.



“Tidak ada yang boleh lagi saling menyalahkan. Kita perlu bersatu, bekerja bersama-sama, membantu pemerintah agar kita bisa lepas dari pandemi dan berbagai krisis ini yang kita hadapi ini,” ajaknya.

Dia juga mengajak seluruh elemen politik turut bersama saling bantu menghadapi pandemi Covid-19. “Saatnya bersatu apa pun partainya, kita kan tetap merah putih. Mari kita bersama-sama untuk mengatasi pandemi dan mengatasi krisis ekonomi ini,” tegasnya.

Terakhir Zainal menyatakan, bahwa kegiatan sosialisasi empat pilar ini tujuannya untuk menanamkan jiwa dan semangat patriotisme pada bangsa dan negara di masyarakat, sehingga nilai empat pilar berupa Pancasila, UU 1945, NKRI dan Bineka Tunggal Ika, dapat menjadi modal untuk menguatkan Indonesia menjadi negara tangguh. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.