Jumat, 26 April 24

Sosialisasi Empat Pilar, Ridwan Hisjam Ingatkan Pemuda Pentingnya Persatuan

Sosialisasi Empat Pilar, Ridwan Hisjam Ingatkan Pemuda Pentingnya Persatuan

Malang, Obsessionnews.com – Anggota MPR RI Ridwan Hisjam terus mengingatkan kepada masyarakat terutama generasi muda akan pentingnya persatuan dan kesatuan Indonesia. Sebab, bangsa ini kata dia, tengah banyak dilanda masalah. Baik itu persoalan sosial, keumatan ataupun politik.

Hal ini kata dia, diperparah dengan adanya pandemi Covid-19, disaat ekonomi nasional tengah dihantam badai corona, masyarakat di akar rumput juga sekarang tengah panas dengan banyaknya gesekan yang terjadi. Ridwan merasakan saat ini tensinya semakin menguat.

“Kita semua ikut merasakan negara ini lagi banyak masalah, sudah Sembilan bulan kita dihantam pandemi corona. Ekonomi kita sekarang sudah mengalami resesi atau krisis. Sudah gitu, situasi politik di Ibu Kota juga sedang memanas,” tutur Ridwan.

“Maka semua pihak perlu bersikap bijak, harus bisa mendinginkan suasana. Setidaknya tidak membawa beban masalah Indonesia berat. Kita wajib mengedepankan persatuan dan kesatuan Indonesia. Jangan sampai kita diadu domba antar umat Islam,” jelasnya.

Ridwan menyampaikan itu pada saat acara sosialisasi empat pilar kebangsaan di Punten Bumiaji, Kota Batu, Malang Raya pada Selasa 17 November 2020.

Sebagai warisan leluhur, Ridwan menyebut empat pilar kebangsaan, merupakan pondasi fundamental bernegara yang wajib dipahami terutama oleh para pemuda yang merupakan generasi penerus, dalam membangun bangsa dan negara.

“Masa depan bangsa sangat tergantung kepada para pemuda sebagai generasi penerus. Sebagai generasi penerus, pemuda wajib memahami empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika yang merupakan pondasi dalam membangun bangsa,” tuturnya.



Di tengah situasi yang tengah panas ini, kata Ridwan, penguatan dan sosialisasi empat pilar kebangsaan sangat penting, untuk memupuk dan membangun masyarakat yang memiliki wawasan kebangsaan dan cinta tanah air, serta untuk memperkuat benteng pertahanan negara.

Menurut Ridwan, era globalisasi dan teknologi saat ini membawa pengaruh yang sangat besar terhadap perilaku para pemuda. Oleh karena itu, sosialisasi empat pilar kebangsaan wajib diberikan, supaya pemuda benar-benar dituntut harus memahami peranan empat pilar ini.

“Indonesia memang sudah Merdeka, tetapi sampai sekarang masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Seperti kesejahteraan sosial, keadilaan sosial, kemiskinan, pemberantasan korupsi dan ketidakmerataan. Beberapa masalah ini harus menjadi perhatian serius yang harus diatasi,” ujarnya.

Terutama, sambung Ridwan, dimasa pandemi Covid-19 ini. Dimana banyak sektor yang terdampak bahkan gulung tikar karena penyakit yang disebabkan oleh virus severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang melanda seluruh dunia terutama Bangsa Indonesia.

Hal ini mengakibatkan selama masa pandemi COVID-19, banyak masyarakat yang kehilangan mata pencahariannya dan menjalani kehidupan mereka yang penuh dengan kesulitan.

Alhasil, tingkat kemiskinan di Indonesia semakin meningkat dan kesejahteraan masyarakat semakin menurun, lantaran banyaknya masyarakat yang di PHK maupun mengalami kebangkrutan dalam usahanya.

Lanjut Ridwan, pemuda juga harus bisa bangkit di masa pandemi Covid-19 ini. Yakni bangkit dari keterpurukan, bangkit untuk menciptakan inovasi dan peluang yang dapat membantu banyak orang. Kemudian, pemuda juga harus bangkit bersama-sama membantu pemerintah melawan Covid-19.

Hal ini harus dilakukan pemuda terutama dimasa sulit seperti sekarang ini. “Dengan demikian, Bangsa Indonesia pasti bisa melewati musibah besar yang melanda negeri ini dengan hadirnya pemuda,” tandas Ridwan anggota DPR dari dapil Malang Raya ini. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.