Sabtu, 20 April 24

Sosialisasi 4 Pilar, Sarmuji: Sila ke 5 Pancasila Masih Jauh dari Harapan

Sosialisasi 4 Pilar, Sarmuji: Sila ke 5 Pancasila Masih Jauh dari Harapan
* Sarmuji dalam acara sosialisasi empat pilar, di Kecamatan Ngantru, Tulungagung, Jawa Timur. (Foto: Dok Pribadi)

Tulungagung, Obsessionnews.com
Anggota MPR RI, M. Sarmuji menegaskan jika sila kelima Pancasila, yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, adalah juga tujuan negara. Untuk itu kata Sarmuji gerakan ideologi pemerintah harus mengarah pada kesejahteraan masyarakat.

“Adil Makmur adalah tujuan negara. Dari situlah, berpancasila atau berideologi itu ya harus dipikirkan bagimana kesejahteraan itu tidak hanya dinikmati para pejabat, tapi seluruh rakyat Indonesia,” kata Sarmuji dalam acara sosialisasi empat pilar, di Kecamatan Ngantru, Tulungagung, Jawa Timur pada, Selasa (14/9/2021).

Sarmuji yang juga menjabat anggota DPR Komisi XI ini mengakui sila kelima Pancasila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Masyarakat Indonesia masih jauh dari harapan. “Masih jauh dari harapan karena sila ini goolnya Pancasila. Kita akui masih banyak masyarakat kita yang kelaparan,” terangnya.

Sarmuji pun berusaha untuk mendorong pengembangan UMKM di Tulungagung untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, sebagai implementasi dari sila ke-lima. Baik melalui program pelatihan maupun program-program seperti BPUM atau pun bantuan untuk Wirausaha Pemula.

“Mereka kita berikan wawasan tentang bagaimana melakukan wirausaha. Pembinaan UMKM,” katanya.

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur ini juga mengajak para pelaku UMKM ini untuk membangun kekuatan dalam bergotong royong. Gotong Royong dalam arti yang luas itu juga inti Pancasila.

“Ayo para pelaku UMKM bergotong royong mengatasi masalah diri, lingkungan, masyarakat dan bangsa serta negara. Ayo kita tingkatkan lagi budaya holopis kuntul baris,” ajaknya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.