Kamis, 27 Januari 22

Sos 4 Pilar, Zainal Arifin: Kreatif dan Gotong Royong Kunci Kebangkitan Ekonomi

Sos 4 Pilar, Zainal Arifin: Kreatif dan Gotong Royong Kunci Kebangkitan Ekonomi
* Senator Zainal Arifin saat menggelar sosialisasi empat pilar di daerah pemilihannya di Kalimantan Timur, tepatnya di Gedung Serbaguna GKII Tenggarong, pada Jumat 19 Novemver 2021.

Tenggarong, Obsessionnews.com – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Kalimantan Timur Zainal Arifin A.md, Kep mengatakan, saat ini bangsa Indonesia tengah diuji dua tantangan besar, termasuk negara-negara dunia.

Dua tantangan tersebut, yakni tantangan kesehatan karena pandemi Covid-19 melanda dunia termasuk Indonesia. Juga tantangan ekonomi karena pertumbuhan ekonomi yang anjlok gara-gara pandemi. Begitu juga Indonesia. Persoalan ini kata Zainal harus disikapi dengan serius.

Hal itu disampaikan Zainal saat menggelar sosialisasi empat pilar di daerah pemilihannya di Kalimantan Timur, tepatnya di Gedung Serbaguna GKII Tenggarong, pada Jumat 19 Novemver 2021 yang turut dihadiri oleh para tokoh ada dayak, para pemuda, dan juga tokoh agama.

“Saat ini Indonesia masih mempunyai dua tantangan yang harus bisa diselesaikan. Pertama harus bangkit dari pandemi, masyarakatnya semakin sehat, dan juga bangkit dari keterpurukan ekonomi,” ujar Zainal berpesan kepada seluruh hadirin.

Untuk bisa bangkit dari keterpurukan ekonomi, Zainal mengatakan, ada dua hal yang harus dilakukan. Pertama, kreativitas. Di tengah pandemi yang serba terbatas ini, masyarakat harus punya daya kreativitas tinggi untuk mencari uang dengan cara yang benar dan halal.

Misalnya, dalam mempromosikan prodak unggulannya, masyarakat harus lebih kreatif dengan memanfaatkan teknologi, serta jalin kerjasama dengan sejumlah pihak. “Karena saat ini sudah era teknologi, persaingan semakin ketat, apalagi di masa pandemi, mobilitas serba terbatas. Teknologi menjadi sangat penting.”

Selain itu, untuk masyarakat pedesaan, tetap bisa memaksimalkan lahan kosong untuk bercocok tanam. Jangan ragu dan jangan malu sekalipun masih muda. “Di Kalimantan ini masih banyak lahan kosong, dari pada terbengkelai, lebih baik digunakan untuk cocok tanam, untuk menjaga ketahanan pangan,” jelasnya.

Tidak lupa, untuk membangkitkan ekonomi masyarakat, kuncinya adalah gotong royong. Sifat tolong menolang ini adalah karakter asli bangsa Indonesia, maka sudah sepatutnya jika ada tetangga atau teman kesusahan ekonomi harus dibantu, didampingi, dan beritahu caranya agar bisa maju.

“Gotong royong menolong mereka tidak harus dengan uang. Bisa bantu promosikan produk mereka. Atau dikasih tahu bagaimana cara memulai bisnis yang benar, langkah seperti apa. Kasih teman dan saudara kalian ilmu yang manfaat, ajak mereka untuk maju bersama,” tandasnya.

Zainal yang juga Ketua Umum Dewan Adat Dayak Kalimantan Timur juga mendorong pemerintah untuk mempercepat vaksinasi di Kalimantan utara. Karena dengan vaksinasi, bisa memperkebal sesorang dari virus. Jika masyarakat sehat, maka ekonomi bisa cepat pulih.

Menyinggung sosialisasi Empat Pilar MPR RI, Zainal mengatakan Empat Pilar MPR RI adalah pondasi untuk membangun bangsa.

“Karena itu kita terus mensosialisasikan agar masyarakat bisa memahami dan menyebarkan Pancasila sebagai ideologi negara, UUD Tahun 1945, merekatkan NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” jelasnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.