Rabu, 17 April 24

Di Masa Depan Geothermal Jadi Sumber Energi Utama 

Di Masa Depan Geothermal Jadi Sumber Energi Utama 
* Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Pribadi/Facebook)

Oleh: Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan

 

Hari Kamis siang 6 September 2018 saya memberikan keynote speech pada acara The 6th Indonesia International Geothermal Convention&exhibition (IIGCE) 2018 di Jakarta Convention Center.

Dengan tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia seperti sekarang ini, permintaan akan sumber energi menjadi sangat besar. Agar Indonesia dapat memproduksi energi dengan cara yang baik dan berkelanjutan, Indonesia perlu untuk mendiversifikasi sumber energinya.

Untuk mendapatkan ekonomi yang kuat, Indonesia membutuhkan alternatif sumber energi. Geothermal merupakan salah satu sumber energi alternatif yang memiliki potensi besar di Indonesia. Kita bisa belajar banyak dari pengalaman krisis yang dialami negara Iceland.

Dulu iceland sangat tergantung pada minyak sampai neraca pembayarannya mengalami defisit yang tinggi karena tingginya impor minyak. Akhirnya Iceland menghentikan pemakaian minyak dan menggantinya dengan geothermal.

Saya berpesan agar Indonesia mengubah strategi supaya mampu mengakselerasi semua energi terbarukan. Di masa depan, geothermal dapat menjadi sumber energi utama atau setidaknya memegang porsi besar.

Di masa Depan Geothermal Jadi Sumber Energi Utama

Kementerian Keuangan memiliki BUMN yang dapat membantu perkembangan sumber energi yaitu PT. Geo Dipa Energi. BUMN ini dapat membantu akselerasi berbagai proyek, terutama yang dapat menciptakan energi alternatif berkelanjutan di masa depan dan juga keamanan akan sumber energi di Indonesia.

Saya yakin hal ini tidak hanya baik untuk lingkungan tetapi juga baik untuk perekonomian Indonesia.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.