Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Sofyan Djalil: Pain Sharing Adalah Kunci Keberlanjutan Program Biodiesel

Sofyan Djalil: Pain Sharing Adalah Kunci Keberlanjutan Program Biodiesel
* Sofyan Djalil. (Foto: Ist)

Jakarta, Obsessionnews.com — Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan A. Djalil mengatakan paint sharing adalah kunci keberlanjutan program biodiesel untuk melewati tekanan pada saat ini. Oleh karena itu menurutnya, seluruh pemangku kepentingan harus turut berkomitmen dalam mendorong program biodiesel.

“Konsep pain sharing menjadi sangat penting tapi bagaimana kita menjaga keseimbangan yang justifiable kepada dua pihak. Karena pain sharing kepada pemerintah dan industri dan jika terlalu banyak pemerintah yang menanggung pain itu nanti akan menimbulkan politik backfire,” jelas Sofyan Djalil, Senin (28/9/2020).

“Justifikasi pemerintah untuk green energy, lingkungan yang lebih bersih tetapi kemudian terdapat narasi yang berkembang di luar seolah-olah pemerintah ini mendukung korporasi sawit yang terbatas, yang oligopolistik padahal tidak seperti itu,” tambah Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil.

Kelapa sawit merupakan primadona dalam hal ekspor di Indonesia karena memiliki kontribusi signifikan. Tetapi jika kebijakannya salah ditambah dengan faktor internasional membuat harga kelapa sawit memberikan dampak kurang baik.

“Rekomendasi saya bagaimana kita mencari sebuah formula untuk membuat harga sawit cukup bagus guna memberikan margin sekitar 20-30 persen dan itu bagus sekali karena tidak ada investasi sekarang ini yang bisa kita dapatkan margin seperti itu,” ujar Sofyan Djalil.

Menteri ATR/Kepala BPN mengatakan terdapat masih ada ruang dan creative regulation serta policy yang perlu dilakukan sehingga dapat mencari bagaimana sebuah keseimbangan antara berbagai opsi tersebut agar nantinya nasib kelapa sawit ini akan tetap cerah dari kesiapannya, ruangannya dan bagaimana kita memanfaatkan.

Sofyan Djalil menuturkan di era Covid-19 harus tetap adaptif sehingga industri kelapa sawit tetap berjalan dengan baik. “Era Covid-19 ini kita harus berpikir alternatif lain sehingga skema yang ada ini tetap bisa berkelanjutan untuk jangka pendek, tapi setelah Covid-19 mungkin perlu didorong policy yang bagus,” ujar mantan Menko Perekonomian tahun 2014-2015 ini. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.