Senin, 14 Oktober 19

Soekarno-Hatta di Atas Changi, Bandara Tersibuk di Dunia

Soekarno-Hatta di Atas Changi, Bandara Tersibuk di Dunia
* Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Twitter @CGK_AP2)

Jakarta, Obsessionnews.com –  PT Angkasa Pura II (Persero) bakal mengembangkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta setelah masuk dalam peringkat 20 besar bandara tersibuk di dunia pada 2018 versi Airport Council International (ACI).

Bandara berkode CGK tersebut bertengger di peringkat 18 dunia. Adapun jumlah penumpang di bandara tersebut mencapai 66,9 juta penumpang pada 2019 atau meningkat sekitar 6,2% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Untuk di kawasan Asia Tenggara, hanya ada dua bandara yang berada di peringkat 20 besar, yakni Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Changi Singapura di posisi ke-19.

“Bandara Soekarno-Hatta sebagai kebanggaan bangsa selalu berupaya memperluas konektivitas penerbangan di Indonesia. Namun, pengembangan kapasitas juga menjadi perhatian utama,” ujar VP of Corporate Communications Angkasa Pura II Yado Yarismano, Kamis (19/9/2019).

Dia menambahkan, bandara yang beroperasi dengan tiga terminal tersebut telah melayani sekitar 200.000 penumpang pesawat per hari. Saat ini sedang dilakukan revitalisasi pada Terminal 1 dan 2 untuk meningkatkan kapasitas dari masing-masing 9 juta penumpang per tahun, menjadi total 42 juta penumpang per tahun.

Saat ini Terminal 3 memiliki kapasitas 25 juta penumpang dan sedang direncanakan untuk pembangunan Terminal 4 dengan kapasitas 45 juta penumpang yang mulai dibangun pada 2021. Nantinya, bandara ini mampu menampung pergerakan lebih dari 100 juta penumpang per tahun.

Selain terminal penumpang pesawat, sisi udara bandara juga dikembangkan melalui pengoperasian landas pacu (runway) ketiga dan East Connecting Taxiway yang meningkatkan kapasitas landing dan take off pesawat menjadi 114 pergerakan per hari.

Selain itu, Bandara Soekarno-Hatta juga memiliki dua rute internasional tersibuk di dunia yaitu ke Singapura dan Kuala Lumpur di Malaysia. Rute domestik ke Surabaya, Bali dan Makassar juga menjadi yang tersibuk di dunia.

Berdasarkan riset dari lembaga Official Airline Guide (OAG) periode Maret 2018 hingga Februari 2019, rute Jakarta-Singapura menjadi rute internasional tersibuk ke-3 di dunia dengan 27.046 penerbangan. Adapun, rute Jakarta-Kuala Lumpur berada di peringkat ke-5 rute tersibuk di dunia dengan 19.741 penerbangan.

Rute penerbangan domestik yang termasuk tersibuk di dunia yaitu Jakarta-Surabaya di peringkat ke-8 (37.762 penerbangan), Jakarta-Denpasar di peringkat ke-14 (31.958 penerbangan), dan Jakarta-Makassar di peringkat ke-18 (28.903 penerbangan).

Sementara itu menurut data teranyar yang merujuk ke laporan ACI per 16 September, Bandara Internasional Hartsfield-Jackson di Georgia, Atlanta kembali jadi bandara tersibuk di dunia.

Sepanjang tahun lalu tak kurang dari 107 juta penumpang terbang dari dan ke bandara tersebut. Ini sekaligus menjadikannya sebagai bandara penumpang tersibuk di dunia selama 21 tahun berturut-turut. Atlanta juga mengalami peningkatan 3,3% lalu lintas penumpang.

Secara global, lalu lintas penumpang meningkat menjadi 8,8 miliar sepanjang tahun lalu, meningkat 6,4%. Sementara pengiriman kargo lewat udara meningkat 3,4%. Sedangkan Laporan Lalu Lintas Bandara Dunia menunjukkan bahwa meskipun bandara yang lebih kecil di seluruh dunia terus mencetak laba, tapi bandara yang besar pun terus tumbuh.

“Ada 16 bandara yang melayani lebih dari 40 juta penumpang per tahun pada 2008 dan sekarang ada 54,” ujar Direktur Jenderal ACI World Angela Gittens.

Dia juga memperingatkan dampak kebijakan proteksionis di seluruh dunia. Kebijakan isolasi telah mengganggu keadaan beberapa ekonomi utama dalam beberapa waktu terakhir karena industri penerbangan bergantung pada pasar terbuka untuk tumbuh.

Meskipun demikian, lalu lintas penumpang tetap tangguh, membukukan tingkat pertumbuhan tahunan di atas rata-rata dengan biaya perjalanan menurun di banyak rute dan populasi kelas menengah yang berkembang di pasar negara berkembang.

Sebanyak selusin dari 30 bandara dengan pertumbuhan tercepat di dunia berlokasi di Cina dan India. Bandara di Bangalore, India adalah yang tercepat pertumbuhannya di posisi pertama dengan 32,3 juta penumpang pada tahun 2018 atau peningkatan sebesar 29%.

Dalam daftar terbaru ini, Bandara Soekarno Hatta kembali berada di posisi ke-18. Di lingkup ASEAN, Bandara Soekarno Hatta berada di posisi teratas setelah sekali lagi mengungguli Bandara Changi di Singapura di peringkat ke-19.

Berikut 20 bandara tersibuk di dunia menurut data Annual World Airport Traffic Report per 16 September 2019:

  1. Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta (Georgia, AS): 107,4 juta penumpang
  2. Bandara Internasional Ibukota Beijing (China): 101 juta
  3. Bandara Internasional Dubai (Uni Emirat Arab): 89,1 juta
  4. Bandara Internasional Los Angeles (California, AS): 87,5 juta
  5. Bandara Haneda Tokyo (Jepang): 86,9 juta
  6. Bandara Internasional O’Hare Chicago (Illinois, AS): 83,2 juta
  7. Bandara Heathrow London (Inggris): 80,1 juta
  8. Bandara Internasional Hong Kong (China): 74,5 juta
  9. Bandara Internasional Pudong Shanghai (China): 74 juta
  10. Bandara Paris Charles de Gaulle (Prancis): 72,2 juta
  11. Bandara Schiphol Amsterdam (Belanda): 71 juta
  12. Bandara Internasional Indira Gandhi New Delhi (India): 69,9 juta
  13. Bandara Internasional Guangzhou Baiyun (China): 69,7 juta
  14. Bandara Frankfurt (Jerman): 69,5 juta
  15. Bandara Internasional Dallas / Fort Worth (Texas, AS): 69,1 juta
  16. Bandara Internasional Atatürk Istanbul (Turki): 68,4 juta
  17. Bandara Internasional Incheon Seoul (Korea Selatan): 68,4 juta
  18. Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta (Indonesia): 65,7 juta
  19. Bandara Changi Singapura (Singapura): 65,6 juta
  20. Bandara Internasional Denver (Colorado, AS): 64,5 juta.

(Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.