Sabtu, 21 Mei 22

Soal Tolak Cuti, Mendagri Minta Ahok Tiru Gubernur Sulteng

Soal Tolak Cuti, Mendagri Minta Ahok Tiru Gubernur Sulteng

Jakarta, Obsessionnews.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku heran mengapa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tetap menolak cuti saat mengikuti pemilihan kepala daerah, padahal menurut Tjahjo perintah UU mengharuskan calon petahana mengambil cuti saat kampanye.

“Ini mengikat seluruh calon Kepala Daerah baik petahana, perseorangan maupun yang baru. Soal pak Ahok mengajukan (gugatan yudisial review) ke MK, itu hak dia,” tandas Mendagri Tjahjo di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (12/8/2016).

Sebenarnya menurut Tjahjo tidak akan sulit bagi Ahok jika mengambil cuti di masa kampanye, Ahok bisa menyesuaikan waktu, dan bisa pula menolak mengikuti kampanye. Hal itulah yang pernah dilakukan Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola.

“Saya ambil contoh kecil saja. Gubernur Sulteng kemarin. Dia tidak cuti total tapi cuti pada saat kampanye. Begitu kampanye dia cuti, Wagubnya yang Plt. Dua hari dia kampanye tidak ada masalah. Kalau dia nanti mau menyampaikan sikap tidak akan kampanye ya silahkan,” kata Tjahjo.

Meski begitu, kata Tjahjo tidak ada sanksi kepada Ahok bila tetap menolak mengambil cuti. Akan tetapi pihaknya akan menunggu aturan seperti apa yang nantinya akan dijelaskan dalam Peraturan KPU. Peraturan ini sendiri belum final karena masih dalam konsultasi antara pemerintah dan DPR.

“Dia (Ahok) mengatakan apapun keputusan MK harusnya ya harus taat. Itu saja kita tunggu. Tapi PKPU tetap jalan terus jangan sampai ini mengganggu karena sudah sesuai UU yang ada,” tegas Mendagri. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.