Selasa, 6 Desember 22

Soal Reshuffle, Jokowi Sudah Bicara dengan JK

Soal Reshuffle, Jokowi Sudah Bicara dengan JK

Brebes, Obsessionnews – Presiden Jokowi menanggapi isu perombakan kabinet (reshuffle) yang tengah hangat belakangan ini. Saat ditanya wartawan di sela-sela kunjungan ke lapak bawang milik petani di Desa Luwungragi, Kecamatan Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah, Presiden Jokowi menegaskan sampai saat ini dirinya belum memutuskan reshuffle.

“Sampai hari ini belum, sampai hari ini belum,” tegas Jokowi berulang-ulang saat ditanya wartawan apakah reshuffle akan dilakukan dalam waktu dekat ini, Senin (11/4/2016).

Menurut Jokowi, salah satu pertimbangan melakukan reshuffle adalah dengan mengukur kinerja menteri. Diakuinya setiap minggu dan bahkan setiap bulan dirinya melakukan evaluasi menteri. Tetapi Presiden Jokowi belum mau membocorkan menteri siapa saja yang mendapat raport ‘merah’.

“Terus (evaluasi), tiap mingguan bulanan ada terus,” katanya.

Untuk melakukan reshuffle yang tinggal menghitung hari ini, Presiden Jokowi mengungkapkan dirinya rutin berkomunikasi dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, namun keputusan belum diambil karena menunggu waktu yang tepat.

“Sampai saat ini kita bicara terus tapi sampai detik ini belum,” pungkas Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mendadak memanggil tiga menterinya ke Istana Bogor Jawa Barat, Kamis (7/4/2016), malam lalu. Kabar pemanggilan itu dibenarkan Jokowi usai membuka Muktamar ke VIII PPP di Asrama Haji Jakarta.

“Yah biasa, tiap hari dipanggil, hari Minggu dipanggil, hari Sabtu dipanggil yah biasa. Tengah malam kita panggil juga biasa,” kata Jokowi.

Tiga menteri yang dikabarkan dipanggil itu adalah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal/Transmigrasi Marwan Jafar.

Santer terdengar pemanggilan tiga menteri itu diduga terkait dengan rencana Jokowi melakukan reshuffle kabinet. Jabatan menteri desa akhir-akhir dipersoalkan PKB karena merasa ada pihak tertentu yang mengincar jabatan itu. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.