Sabtu, 8 Oktober 22

Soal Putusan Praperadilan, KY Minta Hakim Sarpin Jangan GR

Soal Putusan Praperadilan, KY Minta Hakim Sarpin Jangan GR
* Hakim Sarpin

Jakarta, Obsessionnews – Komisioner Komisi Yudisial Taufiqurahman meminta kepada Hakim Sarpin Rizaldi yang menangani kasus praperadilan Komisaris Jenderal Budi Gunawan untuk tidak gede rasa ‎menganggap keputusannya benar karena ditunjuk sebagai hakim tunggal. Padahal putusnya bukan bersifat pribadi.

“Dia (Sarpin) jangan terlalu GR lah, emang keputusan dia sifatnya pribadi,” ujar Taufiq, di Jakarta, Jumat (27/3/2015).

Taufiq mengaku heran, mengapa akhir-akhir ini Sarpin selalu merasa tersinggung, saat KY berusaha menyelidiki dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan Saprin, dalam menerima gugatan Budi Gunawan. Terlebih saat ini, putusan Saprin menuai protes dan kritikan dari berbagai pihak.

Mestinya, menurut Taufiq, Sarpin mau menerima dan mempertangung jawabkan keputusannya itu. Jika ia merasa tidak bersalah, Sarpin diminta untuk membuktikan, dengan bersikap kooperatif mau memenuhi panggilan KY untuk menjalani pemeriksaan. Kata Taufiq, bila terus menghindar malah ada kesan Sarpin memang salah atau takut.

“Ada enggak hakim terhina dengan komentar orang atas putusannya? Cuma dia. Kenapa dia tersinggung? Padahal, salah dia sendiri,” tuturnya.

Sebelumnya, bukanya menjalani pemeriksaan KY, Sarpin justru melaporkan KY ke Polisi. Karena dianggap telah menghina profesinya sebagai hakim. Taufiq sendiri menyatakan, siap untuk menghadapi laporan dari Sarpin. Sebab, dia tidak merasa menjatuhkan nama baik Sarpin. Melainkan menyelidiki putusanya.

‎”Yang saya marasa aneh itu sama putusannya. Saya tidak pernah bilang Sarpin jelek,” jelasnya.

Selain pihak KY, Sarpin juga melaporkan pihak-pihak yang selama ini suka mengkritik keputusan Sarpin dalam gugatan praperadilan Budi Gunawan. Sarpin meminta kepada mereka untuk minta maaf secara tertulis dan lisan. Mereka yang banyak mengkritik Sarpin, pakar hukum, pejabat negara, dan mantan pejabat pemerintahan. ‎(Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.