Kamis, 9 Desember 21

Soal Illegal Fishing, Menteri Susi Sayangkan Organisasi Nelayan

Soal Illegal Fishing, Menteri Susi Sayangkan Organisasi Nelayan

Jakarta, Obsessionnews – Indonesia negara kaya hasil bumi maupun lautnya. Kini, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menindak tegas bagi siapa saja yang menghalalkan illegal fishing. Namun, Menteri Susi menyayangkan, ada pihak yang menghasut organisasi nelayan dijadikan alat pemberontakan kebijakan yang telah dibuat sang Menteri.

“Mereka menghalalkan segala cara, bahkan mereka memakai organisasi kenelayanan, memprotes moratorium, memprotes transhipment, segala dan menggunakan organisasi-organisasi itu untuk kepentingan dan melindungi praktek-praktek illegal fishing yang mereka lakukan,” kata Menteri Susi Pudjiastuti, Selasa (21/4/2015), dalam acara memperingati Hari Kartini di gedung KKP, Jakarta.

Padahal, lanjut Menteri Susi, memberantas illegal fishing merupakan target utamanya, karena bentuk jenis kejahatan ini menjadikan kerugian negara terlalu besar. “Persoalan adalah banyak oknum-oknum baik pengusaha-pengusaha Indonesia maupun aparat yang bermain di sini. Mereka (negara tetangga) seolah-olah, kalau bayar mereka mau mencuri’ kan gitu,” ungkap Susi.

“Kalau bayar mereka tidak jadi ditenggelamkan. Ini sudah ada indikasi-indikasi seperti ini dan kita harap dengan pertemuan langsung dengan kementerian dan perdana menteri negara tersebut. Saya harap bisa dijelaskan bahwa itu semua, broker-broker adalah ilegal!” tambahnya.

Sekarang, Menteri KKP telah menjalin kerjasama hotline dengan Filipina dan Vietnam, sementara dengan Thailand belum terealisasi.

“Kalau ada illegal fishing dari mana-mana, lewat kapal-kapal yang diindikasikan, ini mereka akan kasih tahu,” tuturnya. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.