Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Soal Freeport, Sri Mulyani Bela Jokowi yang Disebut Goblok Oleh Pengamat

Soal Freeport, Sri Mulyani Bela Jokowi yang Disebut Goblok Oleh Pengamat
* Penambangan Freeport di Kabupaten Mimika, Papua. (Foto: Twitter ‏@IDFreeport)

“Tugas tersebut tidaklah mudah, dan sungguh kompleks, karena segala urusan menyangkut operasi Freeport di Papua adalah selalu sensitif secara politik, hukum, ekonomi, sosial, dan keamanan,” kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati seperti dikutip Obsessionnews.com dari keterangan tertulisnya, Kamis (27/12/2018).

Sri menjelaskan, berbagai kepentingan sudah mengakar tidak hanya dari dalam negeri, namun juga menyangkut perusahaan global FCX yang terdaftar di New York, Amerika Serikat. Bahkan FCX sudah melakukan kerja sama operasi dalam bentuk participating interest dengan Rio Tinto, sebuah perusahaan pertambangan global yang terdaftar di bursa saham Australia, London (UK), dan New York (USA).

“Divestasi pernah dicoba dilakukan pada masa lalu, namun gagal dan hanya menguntungkan segelintir pihak,” tuturnya.

Pembangunan smelter juga sudah diupayakan semenjak masa lalu, namun tidak pernah terjadi dengan berbagai alasan.

Dengan catatan masa lalu yang panjang dan kompleksitas tersebut, setiap ucapan, keputusan dan tindakan menyangkut FI menjadi pusat perhatian semua kalangan di dalam negeri dan luar negeri dan dunia pertambangan global. Setiap ucapan, tindakan dan keputusan pemerintah Indonesia menyangkut penanganan pertambangan Freeport akan membuktikan di mana posisi pemerintah Indonesia terhadap kepentingan negara dan kemakmuran rakyatnya baik di Papua maupun seluruh rakyat Indonesia, kepentingan membangun ketahanan ekonomi Indonesia termasuk pembangunan industri, kepentingan perbaikan dan kelestarian lingkungan, kepentingan penerimaan negara, kepentingan kepastian hukum dan menjaga tata kelola yang baik, dan kepentingan menjaga kepercayaan dunia usaha dan investasi.

 

Baca juga: 

Sayang, Dua Masukan Rizal Ramli terkait Freeport Diabaikan Presiden

Divestasi Freeport: Tegakkan Kedaulatan NKRI!

Petaka Freeport Setelah Diresmikan Soeharto

Fadli Zon: Divestasi Freeport Hanya Pencitraan Jokowi

 

Pages: 1 2 3 4 5

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.