Jumat, 17 September 21

Soal Ekonomi Rakyat, Pasar Tradisional Bisa Jadi Jalan Keluar

Soal Ekonomi Rakyat, Pasar Tradisional Bisa Jadi Jalan Keluar

Jakarta, Obsessionnews – Kalau para petani dan nelayan tidak diperhatikan nasibnya, Indonesia bakal gagal mengatasi kemiskinan. Tidak ada pilihan lain, dua bidang tersebut kudu jadi sektor prioritas serta dipilih secara sadar oleh Pemerintah.

Dari total penduduk Indonesia sebanyak 250 juta, 67,5 juta jiwa di antaranya menggantungkan hidup pada sektor pertanian dan laut. Sementara Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan nomor 2 dan 57 tahun 2015 dianggap menurunkan jumlah ekspor yang kemudian berimbas pada pendapatan nelayan.

Daniel Johan, anggota Komisi IV DPR RI menyebutkan, dalam delapan bulan pemerintahan Jokowi-JK pertumbuhan ekonomi turun ke angka 4,7%. Imbasnya, kebutuhan lapangan bagi 3 juta jiwa setiap tahun, baru bisa dipenuhi satu jutanya saja. Makanya, pemerintah kudu memperkuat sektor industri hulu dan pasar tradisional sebagai tulang punggung ekonomi rakyat.

Daniel mengungkapkan, dengan keberadaan 13 ribu 450 unit pasar tradisional, 67 % ekonomi rakyat ditopang sektor ini. Namun, jumlahnya menyusut 8% tiap tahun lantaran kebakaran.

“Pasar tradisional 67%-nya kuasai ekonomi rakyat. Tapi menurun 8% dan membuat 1,6 juta pedagang pasar bangkrut,” kata Daniel pada diskusi Membangun Ekonomi Rakyat Dalam Bingkai Nawacita, Jakarta, Minggu (17/5).

Ketika satu pasar tradisional terbakar, menurut hitungan Daniel, kerugian yang diderita bisa mencapai Rp 137 milyar dan membuat 140 ribu pedagang kehilangan pekerjaan. (MBJ)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.