Kamis, 25 April 24

Soal Covid-19, Gubernur vs Presiden Brasil Saling Cemooh

Soal Covid-19, Gubernur vs Presiden Brasil Saling Cemooh
* Bolsonaro (kiri) dan Doria. (Foto: Leo Martins/VEJA)

Gara-gara upaya mengatasi penularan virus Corona (Covid-19) di masyarakat, gubernur dan presiden di Brazil saling cemooh secara terbuka.

Gubernur Sao Paulo, Joao Doria mencemooh Presiden Brazil, Jair Bolsonaro sebagai psikopat akibat menyepelekan pandemi Covid-19.

Tak mau kalah, Presiden Bolsonaro juga mengejek Doria sebagai pemimpin tiran karena memberlakukan pembatasan gerak di wilayahnya.

“Kita berada dalam salah satu momen tragis dalam sejarah, ketika jutaan orang menanggung konsekuensi mahal karena memiliki pemimpin psikopat yang tidak siap bertanggung jawab atas urusan negara,” celetuk Doria kepada CNN, Selasa (23/3/2021).

Gubernur Sao Paulo ini mengungkapkan, seharusnya Brazil tidak perlu melihat banyak korban jiwa berjatuhan jika Bolsonaro “cukup waras” untuk mengingatkan warganya agar tidak ceroboh dalam menerapkan protokol kesehatan.

Doria menuding Bolsonaro membuat kesalahan besar dengan berselisih dengan dirinya sebagai “Gubernur yang berusaha melindungi penduduk.”

Bolsonaro menjadi salah satu pemimpin negara yang kerap meremehkan bahaya Covid-19 di awal penyebaran. Presiden Brasil ini malah pernah beberapa kali memimpin demonstrasi, yang menentang penerapan kebijakan lockdown, yang diterapkan sejumlah negara bagian demi meredam penularan Covid-19.

Bolsonaro menganggap kebijakan lockdown mematikan perekonomian dan menganggap Covid-19 sebagai flu biasa yang tak perlu direspons secara berlebihan.

Namun demikian, pada Juli lalu, Bolsonaro juga terjangkit virus yang dia remehkan tersebut.

Sejauh ini, Brasil masih menjadi negara dengan kasus dan kematian akibat Covid-19 tertinggi kedua di dunia. Lebih dari 12 juta kasus positif Covid-19 dan 295 ribu kematian akibat Corona terjadi di negara Amerika Selatan itu. (RM/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.