Senin, 28 September 20

Sleman Serius Kembangkan Destinasi Wisata Belanja Batik

Sleman, Obsessionnews.com  – Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY),  makin serius mengembangkan potensi wisata di wilayahnya. Tidak hanya wisata alam melainkan juga melambungkan warisan budaya batik yang sudah mendunia itu.  Untuk memperkuat posisi Sleman sebagai destinasi wisata serta tujuan wisata belanja fashion batik, Dinas Pariwisata Sleman menggelar Sleman Creative Award 2017.

Ada sejumlah lomba digelar dalam event Sleman Creative Award 2017 ini. Di antaranya Lomba Kreasi Tas dengan sentuhan material batik, Lomba Kreasi Busana Kasual juga dengan material batik dan Lomba Fotografi Tempat Wisata.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman Sudarningsih didampingi Sekretaris Dinas Endah Sri Widiastuti mengatakan.  lomba ini merupakan suatu upaya menyinergikan pengembangan potensi pariwisata dengan pengembangan fashion berbahan dasar batik Sleman.

“Harapannya wisata Sleman makin diminati, dan Sleman pun jadi tujuan wisata belanja fashion batik,” kata Sudarningsih seperti dikutip dari laman Facebook Kementerian Pariwisata.

Secara rinci materi lomba diuraikan satu per satu. Untuk Lomba Kreasi Tas material batik Sleman, pengumpulan desain ditunggu hingga 28 Juli 2017. Sedangkan pengumpulan karyanya pada tanggal 13 Agustus 2017 di Lapangan Syiwa, Kompleks Candi Prambanan jam 15.00 WIB.

“Pengumpulan karya harus oleh peserta sendiri. Bersamaan dengan event Sleman Fashion Show 2017,” ujar Sudarningsih.

Lomba kreasi tas berbahan dasar batik Sleman ini terbuka untuk umum. Dengan usia 17-35 tahun. Peserta boleh mengirim lebih dari satu karya. Pendaftaran peserta sebesar Rp 75.000/karya. Pemenang untuk lomba ini Rp 4 juta (juara 1), Rp 3 juta (juara 2) dan Rp 2 juta untuk juara 3.

Untuk Lomba Kreasi Busana Kasual mengambil tema “Play and fun in Java Mood.” Tersedia hadiah sebesar Rp 5 juta bagi juara pertama, Rp 4 juta bagi juara kedua dan Rp 3 juta bagi juara ketiga.

Lomba ketiga dalam Sleman Creative Award 2017 berupa Lomba Fotografi Tempat Wisata dengan model mengenakan batik/lurik Sleman. Cara mengikuti lomba fotografi ini cukup mudah.

Upload foto ke Instagram lalu tag dan mention ke @slemanfashionfestival dan @wisatasleman. Pemenang untuk lomba foto ini diumumkan bersamaan dengan puncak Sleman Fashion Show Festival pada 13 Agustus 2017 di Lapangan Syiwa Prambanan. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.