Sabtu, 4 Desember 21

SKTM Bukan Jaminan Masuk Sekolah Negeri

SKTM Bukan Jaminan Masuk Sekolah Negeri

Bandung, Obsessionnew s- Masyarakat saat ini masih sangat meminati untuk masuk ke sekolah negeri. Bahkan, ada anggapan jika dengan menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) bisa masuk ke sekolah negeri.

“Kami tegaskan jika SKTM bukan tiket masuk ke sekolah negeri. Jadi masyarakat yang tidak berhak dengan SKTM jangan memanfaatkan jalur tersebut hanya demi masuk ke sekolah negeri,” tegas Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana, Rabu (1/6/2016).

Elih menyebutkan jika jalur SKTM pun memiliki mekanisme dan seleksi untuk mendapatkan satu kursi di sekolah negeri.

“Setiap sekolah negeri seperti ditulis dalam Perwal PPDB jika kuota untuk SKTM yakni 20 persen, jika di satu sekolah kuotanya melebihi maka akan ada prioritas melalui skoring yang sebelumnya sudah ada di databese sekolah,” paparnya.

Adapun yang berhak masuk melalui jalur ini, adalah yang memiliki salah satu atau lebih dari Kartu Pra Sejahtera (KPS), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar, Karti BPJS Miskin, Penerima beras bagi warga miskin (raskin), penerima beasiswa miskin (BSM), penerima bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) atau Surat keterangan tidak mampu (SKTM).

Meski demikian Disdik tidak lantas lepas tangan jika ternyata ada peserta didik yang mendaftar melalui jalur ini tidak lolos di sekolah yang dituju.

“Yang tidak diterima maka akan kami arahkan masuk sekolah ke swasta dengan jaminan tidak ada pungutan biaya operasional sekolah, karena akan ditanggung Pemkot Bandung,” jelasnya.

Oleh karenannya Elih menegaskan agar warga jangan berpikir jika dengan SKTM maka akan bebas masuk ke sekolah negeri manapun.

“Semuanya sudah diatur dalam perwal PPDB dalam juklak dan juknis, termasuk untuk SKTM ini,” terang Elih.

Untuk pendaftaran peserta didik yang rawan melanjutkan pendidikan yakni dilaksanakan mulai 15-18 Juni 2016 dengan persyaratan khusus yakni :

1.Surat tanggung jawab mutlak dari kepala sekolah asal disertai data yang telah divalidasi dan ditetapkan oleh sekolah

2. Nilai rapot satu tahun sebelumnya.
“Siswa itu kemudian mendaftar secara kolektif atau pribadi ke sekolah negeri terdekat dan sekolah pilihan swasta terdekat,” tambah Elih.

Untuk pengumuman kelulusan diterima didaknya siswa akan diumumkan 25 Juni 2016. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.