Sabtu, 21 Mei 22

Skandal Akutansi Terbongkar, Toshiba Rugi Puluhan Triliun

Skandal Akutansi Terbongkar, Toshiba Rugi Puluhan Triliun
* ilustrasi Toshiba. (bbc)

Jakarta, Obsessionnews – Lantaran skandal akutansinya terbongkar, Toshiba rugi puluhan triliun rupiah. Bahkan pada perdagangan Senin (21/12) kemarin, sahamnya pun anjlok hingga 10 persen.

Diproyeksikan, selama tahun 2015 ini kerugian pabrikan asal Jepang tersebut menyentuh angka 4,5 miliar dolar AS atau setara Rp 60 triliun.

CNNMoney mengabarkan, kerugian tersebut justru lebih besar dari perkiraan analis. Bahkan, mencapai enam kali lipat dari kerugian yang dicatatkan pada paruh pertama tahun ini sebesar 90,5 miliar yen atau setara 734 juta dolar AS.

Salah satu sumber kerugian adalah biaya restrukturisasi. Bahkan, kinerja divisi energi dan elektronik turut menyumbang kerugian, disusul besarnya pajak yang kudu dibayarkan.

Kedepan, Toshiba memastikan bakal merumahkan 6.800 karyawan yang ada di divisi elektronik konsumer pada Maret tahun depan. Menyusul, seribu pegawai yang bekerja di kantor pusat juga bakal diberhentikan.

Bisnis audio visual di berbagai negara kecuali di Jepang, juga bakal ditutup. Usaha, akan difokuskan pada lisensi merk yang ada di luar negeri.

Pasca kebongkarnya skandal akutansi berupa penggelembungan keuntungan, Toshiba sedang berupaya memulihkan kepercayaan publik. Selama tahun ini, tercatat 50 persen saham sudah turun hingga memaksa CEO Toshiba Hisao Tanaka undur diri. (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.