Selasa, 18 Januari 22

Siti Nurbaya Sukses Kurangi Kebakaran Hutan

Siti Nurbaya Sukses Kurangi Kebakaran Hutan
* Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Jakarta, Obsessionnews.com – Berkurangnya titik api lahan dan hutan tak lepas dari kinerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  (LKH). Indonesia di masa yang akan datang sepertinya dapat memiliki hutan nan rimbum, karena kebakaran hutan dapat dikurangi.

Dengan berkurangnya kebakaran hutan, dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal, karena ekosistem hutan selain bermanfaat sebagai salah satu aspek biosfer bumi yang paling penting. Juga mempunyai manfaat-manfaat lain bagi kehidupan manusia dan lingkungan.

Dalam catatan, kinerja LKH menunjukkan hasil pencapaian yang memuaskan pada 2017. Ini terlihat dari berkurangnya titik api di sejumlah wilayah.

Dalam sebuah kesempatan Menteri LKH Siti Nurbaya menjelaskan hingga 31 Desember 2017, berdasarkan satelit NOAA18, jumlah titik api berhasil turun drastis dari 21.929 pada 2015 menjadi hanya 2.581 pada 2017. Satelit di periode yang sama juga turun dari 70.971 titik panas menjadi hanya 2.440 titik panas.

Selain itu, Siti  juga tak main-main dalam penegakan hukum terhadap pelaku kebakaran hutan dan lahan. Terbukti Kementerian LHK untuk kali pertama memberikan sanksi administratif terhadap korporasi. Tindakan yang telah diambil yaitu mencabut izin tiga perusahaan, dan pembekuan izin 16 perusahaan.   

“Ini bentuk komitmen dan konsistensi kami terhadap pelaku kejahatan lingkungan hidup dan kehutanan, termasuk yang dilakukan oleh korporasi,” katanya. 

Kebijakan lainnya yang ditempuh Kementerian LHK, adalah mencabut izin satu perusahaan, pembekuan izin lima perusahaan, pemberian surat peringatan sebanyak 23 buah, dan lain-lain.

Kementerian LHK juga terus mempercepat pemberian akses legal pada rakyat untuk mengelola kawasan hutan, melalui program Perhutanan Sosial. Per 18 Desember 2017 akses legal lahan yang sudah terealisasi mencapai 1,33 juta hektare dari target 4,38 juta hektare hingga 2019.

Tak heran kinerja Kementerian LHK turut dipuji oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat  memimpin Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2018 pada 6 Februari lalu di Istana Presiden, Jakarta.

Jokowi menyebut penanganan kebakaran hutan dan lahan dalam beberapa waktu terakhir telah memperoleh kemajuan yang sangat signifikan.

“Menurut data yang diberikan pada saya dan tadi sudah dilaporkan oleh Menko Ekonomi, ada penurunan hotspot yang sangat signifikan,” ujar orang nomor satu Indonesia ini. (Popi)

 

 

 

Baca Juga:

Siti Nurbaya, Birokrat Sejati yang Jadi Menteri

Menteri LHK, Siti Nurbaya

Menteri Siti Nurbaya Apresiasi Komitmen Sudan

Susi Kejar Maling Ikan, Nurbaya Kejar Pembalak Hutan

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.