Minggu, 21 April 19

Sistem Autogate Akan Diberlakukan di Pelabuhan Internasional Tanjung Priok

Sistem Autogate Akan Diberlakukan di Pelabuhan Internasional Tanjung Priok
* Planning dan Control PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II atau Indonesia Port Corporation (IPC) terminal petikemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. (foto: Kapoy/OMG)

Jakarta, Obsessionnews.com – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II atau Indonesia Port Corporation (IPC) akan memperbarui peralatan pengecekan kontainer di pelabuhan internasional Tanjung Priok, Jakarta, dengan sistem autogate. Pembaruan tersebut guna meningkatkan pelayanan kepada pada pengguna pelabuhan.

 

Baca juga:

Bersaing di Pelabuhan Internasional IPC Butuh Dukungan Seluruh Stakeholder

Capai Visi Misi 2020 IPC Lakukan Pengalihan Tugas

IPC Beri Apresiasi ke Pelanggan dan Jurnalis

 

“Di terminal pelabuhan Internasional Priok akan diberlakukan autogate,” ujar SVP Layanan Pelabuhan David P. Sirait dalam acara Media Gathering IPC di Pelabuhan Tanjung Priok  Senin (18/3/2019).

Jadi, lanjut David, transaksi yang tadinya bertemu dengan orang, baik officer pelabuhan maupun customs, dengan adanya autogate tidak akan ada lagi.

Untuk itu pihaknya menargetkan sistem autogate tersebut dapat rampung dan dijalankan paling lambat pada semester pertama tahun ini. Nantinya seluruh sistem pengecekan akan dilakukan melalui digital.

“Trial pelayanan April, target semester 1 udah harus bisa jalan. Itu yang diminta bea cukai juga, harus auto, jadi tidak hanya kita tapi dari pemerintah juga dorong,” katanya.

Untuk diketahui, sejak beberapa tahun terakhir sudah mencanangkan IPC menjadi digital port atau pelabuhan berbasis digital, di mana segala sesuatu yang terkait dengan proses bisnis sudah dikonversi menjadi digital baik dalam aspek operasional, keuangan, maupun aspek-aspek lainnya.

Upaya melakukan digitalisasi terhadap semua aspek itu dilakukan IPC dalam rangka menyambut Revolusi Industri 4.0. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.