Senin, 29 April 24

Sinyal Politik PDIP untuk Andika Perkasa

Sinyal Politik PDIP untuk Andika Perkasa
* Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa. (Tangkapan layer Youtube Andika Perkasa)

Obsessionnews.com – Analis komunikasi politik dari Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memberikan sinyal politik untuk mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa saat menziarahi makam proklamator sekaligus Presiden pertama RI Sukarno di Blitar, Jawa Timur.

 

Baca juga:

Pengkaji Geopolitik Hendrajit Sebut Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa Stok Capres PDI-P

Calon Wakil Ganjar Pranowo antara Sandiaga, Dudung, dan Nasarudin

 

 

“Ada perhatian khusus dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kepada Andika Perkasa melalui video call saat berziarah. Apalagi di saat publik sedang menunggu pengumuman bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Ganjar Pranowo,” ujar dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unas ini di Jakarta dalam keterangannya, Jumat (23/6/2023).

Menurut Ginting, ziarah yang dilakukan Andika pada Rabu (21/6) di Blitar menjadi bagian dari akselerasi (percepatan) politik menjelang pengumuman bakal cawapres. Apalagi Andika bersama istri dan anaknya juga ditemani elite PDIP seperti Djarot Syaiful Hidayat dan Andreas Pareira.

Hal ini, lanjut Ginting, tidak bisa dilepaskan juga dari pertemuan antara Puan Maharani yang mewakili elite PDIP dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Pertemuan kedua anak mantan presiden itu menurut saya menghasilkan kesepakatan untuk tidak sepakat dalam koalisi menuju pemilihan presiden. Masing-masing berada dalam koalisi yang berbeda, namun silaturahmi harus tetap terjaga dengan baik untuk kepentingan bangsa dan negara,” ujar Ginting.

Tiga Posisi Andika

Ginting mengemukakan, sinyal politik itu bisa mengandung setidaknya tiga posisi yang kemungkinan akan bisa diisi Andika Perkasa. Pertama, PDIP menyodorkan nama Andika Perkasa untuk menjadi Menteri Komunikasi dan Informasi menggantikan Johnny Gerard Plate dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Pada 17 Mei 2023 Johnny ditangkap atas tuduhan korupsi. Kejaksaan Agung menetapkannya sebagai tersangka kasus korupsi senilai Rp8 triliun terkait proyek Base Transceiver Station antara tahun 2020 dan 2022.

“Andika bisa menjadi Menkominfo di sisa masa kabinet hingga Oktober 2024 mendatang. Posisi itu sampai saat ini dibiarkan kosong,” ujar Ginting yang lama menjadi wartawan bidang politik.

Posisi kedua, kata Ginting, bisa juga PDIP memberikan tempat kepada Andika untuk menjadi bakal cawapres Ganjar Pranowo. Apalagi PDIP memiliki syarat untuk bisa mengajukan calon presiden dan calon wakil presiden dalam pilpres 2024 mendatang.

“Sampai saat ini Ganjar Pranowo belum memiliki calon pendamping. Sambutan khusus elite PDIP kepada Andika di Blitar, bisa menjadi sinyal Andika merupakan bagian dari kandidat bakal cawapres Ganjar. Bisa saja diumumkan jelang pendaftaran capres dan cawapres pada Oktober 2023,” ucap Ginting.

Posisi ketiga untuk Andika, lanjut Ginting, sudah bisa dibaca dari pernyataan Puan Maharani. Andika menjadi bagian dari tim pemenangan Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024. Dengan sinyal itu, maka kuat dugaan Andika akan menjadi bagian dari anggota PDIP.

“Akan ada posisi khusus bagi Andika di PDIP, apalagi dia purnawirawan jenderal bintang empat dan mantan Panglima TNI serta Kepala Staf Angkatan Darat” tandas Ginting. (Rud)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.