Selasa, 19 Januari 21

Singapore Media Festival Kembali Hadir dengan Berbagai Agenda Menarik

Singapore Media Festival Kembali Hadir dengan Berbagai Agenda Menarik

Memacu Kreator-Kreator Lokal dan Regional

Tahun ini SMF menawarkan program-program baru dan platform yang disempurnakan untuk mendorong aspirasi bakat media dan kreator konten, membawa cerita mereka ke panggung yang lebih besar.

 

  • Untuk pertama kalinya Singapore Comic Con akan memperkenalkan inisiatif baru, Program Work in Progress, untuk mendukung penemuan bakat lokal dan regional. Program ini menawarkan platformbagi para penulis komik yang bercita-cita untuk menghadirkan ide-ide konten yang segar dan orisinal, serta kesempatan untuk dipertemukan dengan para penerbit di Singapura dan regional – Asiapac Books, Shogakukan Asia dan Vividthree + Darkbox Studio.

 

  • Di usianya yang menginjak 30 tahun Singapore International Film Festival (SGIFF) telah menunjuk tiga film pendek yang akan berpusat pada tema perayaan sutradara Asia Tenggara, di antaranya Yeo Siew Hua (Singapura), Mouly Surya (Indonesia) dan Anucha Boonyawatana (Thailand). Film-film ini akan melakukan world premier mereka di malam pembukaan festival pada tanggal 21 November.

 

  • Deretan program SGIFF akan mencakup fokus pada sinema Asia Tenggara berjudul Stories We Tell: Myth, Dreamscape and Memory in Southeast Asian Cinemayang mencakup empat fitur untuk melacak penyampaian cerita (storytelling) yang imajinatif dan seperti mimpi, sebuah karakteristik film dari kawasan. Rangkaian film yang masuk dalam program ini termasuk Mysterious Object at Noon (2000) oleh pembuat film Thailand Apichatpong Weerasethakul, omnibus Singapura seminalis, Lucky 7 (2008) disutradarai oleh tujuh pembuat film lokal (Sun Koh, K Rajagopal, Boo Junfeng, Brian Gothong Tan, Chew Tze Chuan, Ho Tzu Nyen, dan Tania Sng), A Short Film About the Indio Nacional (2015) oleh sutradara Filipina, Raya Martin, dan The Missing Picture (2013) oleh pembuat film Kamboja Rithy Panh.

 

  • ATF’s Animation, Chinese and Formats Pitches adalah platformyang menampilkan orisinalitas Asia dan memaparkan gagasan untuk ekspor dan pengembangan di dalam dan di luar kawasan. Mengawali kesuksesannya pada 2018, ATF Chinese Pitch memperluas pintu bagi lebih banyak penulis naskah untuk memasuki wilayah berbahasa Cina dengan menerima pengumpulan naskah bahasa Cina dan Inggris tahun ini. Pemenang terdahulu dari Animation and Formats Pitches telah membuat langkah besar, dengan Pigsy (konsep pemenang untuk Animation Pitch 2017) yang diharapkan akan dirilis pada awal 2021 dan Serenade (pemenang ATF Formats Pitch 2018) yang saat ini sedang dipertimbangkan oleh jaringan regional dan internasional.

 

  • Southeast Asian Film Financing (SAFF) Project Market, yang diselenggarakan oleh ScreenSingapore dalam kemitraan dengan Southeast Asia Audio-Visual Association (SAAVA), kembali tahun ini untuk menghubungkan ide-ide proyek yang menjanjikan dengan calon investor dan penyandang dana. Sebuah studi kasus yang berhasil adalah sutradara Laotian, The Long Walkkarya Mattie Do, yang merupakan finalis di SAFF Project Market perdana pada tahun 2015. Film yang sepenuhnya diproduksi dan didanai oleh Singapore’s Aurora Media Holdings serta 108 Media, saat ini sedang aktif di sirkuit festival internasional dan mendapatkan pujian yang tinggi. Salah satu festival yang baru saja diikuti di antaranya adalah Venice International Film Festival dan Toronto Film Festival.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4 5

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.