Jumat, 19 April 24

Simonas Bantu Perusahaan Cari Tenaga Kerja Berkualitas

Simonas Bantu Perusahaan Cari Tenaga Kerja Berkualitas
* Peluncuran Simonas di kantor Keminfo, Jakarta, Kamis (5/9/2019). (Foto: Dok Keminfo)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), berupaya mengambil peluang di tengah arus komunikasi dan interaksi yang semakin mudah dan terbuka.

Hak itu dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Badan Litbang SDM) Kementerian Komunikasi dan Informatika yang terus berupaya menghubungkan SDM yang tersedia di Indonesia dengan perusahaan atau instansi yang membutuhkan tenaga kerja.

Hal itu diimplementasikan dengan peluncuran platform Simonas. Platform ini berfungsi untuk rekrutmen tenaga kerja sekaligus sebagai national talent pool yang dapat digunakan oleh kandidat pencari kerja dan perusahaan atau instansi yang memerlukan tenaga kerja.

Menteri Kominfo Rudiantara mengungkapkan, isu nomor satu di Indonesia adalah masalah talenta SDM. Microsoft, Cisco, kesulitan mencari teknisi. Dia mengaku, akhirnya membuat program Digital Talent Scholarship di Indonesia.

“Tahun ini, kita mulai dengan 1.000 peserta yang bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi,” ujar Rudiantara dalam peluncuran Simonas di kantornya, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Menurut dia, ketersediaan sumber daya manusia yang kompeten dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pun, menjadi perhatian serius Pemerintah.

“Bahkan, di pesantren-pesantren nantinya ada Balai Laithan Kerja, atau BLK untuk membekali para santri dengan keterampilan teknis,” kata dia.

Sementara itu, Chief People Officer DANA Agustina Samara mengatakan, dengan adanya platform ini perusahaan sangat terbantu dalam mencari tenaga kerja yang berkualitas.

“Sebab, selama ini pihaknya kesulitan mendapat tenaga engineer. Simonas menjadi sebuah solusi kebutuhan dan ketertinggalan kebutuhan talenta digital di Indonesia,” ujar Agustina.

Adapun platform Simonas memungkinkan perusahaan untuk mengakses profil kandidat yang berisikan informasi pengalaman kerja, portfolio, skills yang dikuasai, hingga sertifikasi keahlian pencari kerja, sehingga memudahkan perusahaan untuk menyaring tenaga kerja kompeten.

Selain itu, perusahaan dapat menggunakan Simonas untuk melakukan talent scouting berdasarkan skills, lokasi, sekolah atau universitas terakhir, tingkat pendidikan, tema pelatihan DTS yang diikuti, dan IPK. Terdapat fitur mail antara perusahaan dan kandidat untuk memudahkan komunikasi dalam proses rekrutmen.

SIMONAS juga mewadahi talenta lulusan Digital Talent Scholarship dan lulusan SKKNI yang telah menyelesaikan pelatihan yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo.

Platform ini terbuka untuk umum, namun memberikan badge verifikasi terhadap lulusan program DTS serta informasi mengenai tema pelatihan yang diikuti, kata Kepala Badan Litbang SDM Basuki Yusuf Iskandar.

Jika selama ini, mayoritas platform rekrutmen kerja membebankan biaya pada perusahaan, Simonas memberikan akses gratis bagi perusahaan dan kandidat pencari kerja.

Untuk kandidat pencari kerja, SIMONAS memberikan fitur pencarian kerja berdasarkan lokasi, kisaran gaji, jenis perusahaan, dan nama perusahaan. Ke depannya, Simonas akan memberikan opsi bagi kandidat untuk menyaring pekerjaan berdasarkan sektor, ujar dia.

Di mana, Simonas merupakan bagian dari Program Digital Talent Scholarship yang dikembangkan Kementerian Kominfo untuk menyiapkan sumberdaya manusia dengan kemampuan digital industri 4.0.

Program Digital Talent Scholarship dan platform SIMONAS dapat menjadi salah satu medium untuk mewujudkan sinergi triple helix antara pemerintah, universitas, dan perusahaan, kata dia.

Nah, Platform Simonas yang dapat diakses di simonas.kominfo.go.id diharapkan dapat memberikan pengakuan terhadap sertifikasi yang dimiliki oleh kandidat pencari kerja diharapkan dapat mendorong percepatan sertifikasi agar kompetensi SDM Indonesia dapat lebih diakui dan dipertanggungjawabkan, serta menjamin SDM yang lebih berkualitas unggul dimulai dari sekarang hingga minimal 5 tahun ke depan. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.