Kamis, 26 Mei 22

Sidang Perdana OC Kaligis di Tipikor Batal Digelar

Sidang Perdana OC Kaligis di Tipikor Batal Digelar

Jakarta, Obsessionnews – Sidang pembacaan dakwaan kasus dugaan suap kepada hakim dan panitera PTUN di Medan atas nama terdakwa Otto Cornelis Kaligis batal digelar. Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta memutuskan menunda sidang hingga Kamis (27/8/2015) pekan depan.

Hakim ketua Sumpeno mengatakan penundaan sidang setelah majelis mempertimbangkan kondisi kesehatan Kaligis. Majelis hakim menilai permintaan jaksa untuk mengundur sidang dengan alasan kondisi kesehatan Kaligis dapat diterima.

“Menimbang bahwa jaksa penuntut umum menyatakan kesehatan OC Kaligis agak bermasalah kesehatannya,” ujar Sumpeno di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (20/8/2015).

Hakim juga mengabulkan permohonan jaksa untuk mengijinkan Kaligis diperiksa dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Kaligis sudah diperiksa oleh dokter KPK pada tanggal 14, 16, dan 24 Juli 2015 dan sudah diberikan rekomendasi oleh dokter KPK untuk diperiksa oleh dokter ahli saraf lantaran berbagai keluhan yang dialaminya.

“Permintaan jaksa penuntut umum beralasan dan dapat dikabulkan. Menetapkan, mengabulkan permohonan jaksa penuntut umum dan memberikan ijin agar OCK diperiksa kesehatannya oleh dokter IDI,” lanjut hakim.

KPK telah resmi menetapkan OC Kaligis sebagai tersangka kasus dugaan suap kepada Hakim dan Panitera PTUN Medan. Penyidik KPK pun menangkap serta menahan mantan ketua Mahkamah Partai DPP Nasdem itu pada 14 Juli 2015.

Kaligis disangka sebagai pemberi suap. Dia disangka Pasal 6 ayat (1) huruf a dan Pasal 5 ayat (1) huruf a atau b, Pasal 13 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 64 ayat (1) juncto pasal 55 ayat (1) KUHP. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.