Senin, 27 September 21

Sidang Pengadilan, Fadli Zon Dimungkinkan Datang

Sidang Pengadilan, Fadli Zon Dimungkinkan Datang

Semarang, Obsessionnews – Kuasa hukum pelapor pencemaran nama baik Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon, menyatakan akan mendatangkan sejumlah saksi termasuk Wakil Ketua DPR RI itu. Sebagaimana dinyatakan kuasa hukum pelapor Zahra Ainiwati saat dihubungi wartawan pada Jum’at (20/11/2015).

“Apabila tanggapan eksepsi diterima atau ditolak oleh majelis hakim, kami berupaya mendatangkan saksi. Terutama Fadli Zon karena dia sebagai pelapor,” ujar dia.

Menurutnya, Fadli Zon merupakan saksi atas kasus pencemaran nama baik. Sebab, dia sendiri yang telah melaporkan terdakwa Ronny Maryanto ke Mabes Polri. “Kita akan menunggu pekan depan untuk menyatakan tanggapan eksepsi terhadap kuasa hukum terdakwa,” terangnya.

Saat diminta tanggapan atas eksepsi terdakwa, pihaknya enggan memberi komentar lantaran masih mempelajari terlebih dahulu. “Duh, nanti saja ya. Kami masih harus mengkaji dulu, jadi belum bisa memberi tanggapan,” ucapnya.

Seperti diketahui, Laporan ke Bareskrim dibuat Fadli Zon pada 7 Juli 2014 lalu dengan empat terlapor. Ronny Maryanto R, Koordinator KP2KKN Jateng, Herman Daho, Raka F Pujangga dan Hadanudin Aco, wartawan serta editor media online  www.tribunnews.com. Atas laporannya, Subdit IT dan Cyber Crime Dit Tipideksus Bareskrim Polri hanya menetapkan Ronny sebagai tersangka.

Kasus dugaan pencemaran terjadi pada Fadli Zon pada Rabu (2/7) 2014 lewat media online atas penerbitan berita berjudul ‘Kampanye di Semarang, Fadli Zon Bagi-Bagi Uang di Pasar’. Berita diterbitkan berdasarkan liputan kegiatan Fadli Zon sebagai Wakil Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Sekretaris Tim Kampanye Nasional Prabowo-Hatta.

Bersama rombongannya, Fadli Zon bersilaturohmi dan membagikan stiker bergambar Capres nomor urut 1 di Pasar Bulu Semarang. Dalam kegiatan itu, Fadli Zon memberikan sejumlah uang kepada orang lain. Pada 3 Juli berikutnya, media yang sama kembali menerbitkan berita berjudul ‘Bagi-bagi Uang di Pasar, Fadli Zon Dilaporkan ke Panwaslu’. Fadli Zon saat kampanye di Pasar Bulu Semarang diketahui membagi-bagikan uang pecahan Rp 50 ribu kepada warga. Kejadian itu ditulis sebagai berita oleh banyak media.

Ronny Maryanto yang mengetahui berita itu kemudian melapor ke Panwaslu Kota Semarang atas dugaan politik uang. Namun Fadli Zon marah atas pemberitaan itu dan melaporkan empat orang ke Mabes Polri. Oleh jaksa Ronny dijerat Pasal 310 KUHP, 311 KUHP. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.