Senin, 20 September 21

Sidang MKD Periksa Novanto Dituntut Terbuka

Sidang MKD Periksa Novanto Dituntut Terbuka
* Junimart Girsang.

‎Jakarta, Obsessionnews – Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) tengah menggelar rapat internal untuk menindaklanjuti laporan Menteri ESDM Sudirman Said tentang dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Ketua DPR RI Setya Novanto lantaran mencatut nama Presiden Joko Widodo kepada PT Freeport.

Wakil Ketua MKD Junimart Girsang mengatakan, ada dua hal yang dibahas dalam rapat kali ini. Pertama, untuk memutuskan apakah laporan Sudirman Said bisa ditingkatkan menjadi alat bukti untuk menyelidiki lebih lanjut pelanggaran Setya Novanto. ‎Kedua memutuskan apakah persidangan Setya Novanto bersikap terbuka atau tertutup.

Junimart sendiri mengusulkan, agar persidangan Setya Novanto bersifat terbuka untuk umum, agar masyarakat tahu dan bisa mengontrol kinerja MKD.

“Kalau sidang terbuka rakyat harus tahu proses persidangan. Dari awal saya ditunjuk ke MKD, saya sudah sarankan agar semua sidang MKD terbuka, kecuali asusila,” ujarnya di DPR, Senin (23/11/2015).

Untuk kasus Setya Novanto, Junimart menilai ini hanya sebatas pelanggaran etika seorang pimpinan. Karena itu, ia berpendapat sidang MKD tidak perlu dilakukan secara tertutup. Terlebih, kasus ini tengah disorot oleh publik, dan banyak yang berharap agar MKD bisa bekerja tanpa ada tekanan dan intervensi.

Anggota Komisi III ini juga mengatakan, saksi yang akan dipanggil untuk dimintai keterangan dalam kasus ini adalah Menteri ESDM Sudirman Said.

“Kita dalami apakah beliau masih menambah keterangannya atau tidak. Kalau tidak maka beliau akan kita mintai keterangan secara konkret dan akan kita sumpah, sesuai dengan peraturan yang ada,” tuturnya.

“Setelah itu kita berangkat memintai keterangan kepada yang teradu. Mengonfirmasi kembali laporan si pengadu. Ini perkara ringan kok, yang penting kita terbuka. Banyak nama-nama disebut di sana,” sambungnya. ‎(Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.