Senin, 29 November 21

Sidak Distan Kota Bandung Temukan Mie Berformalin

Sidak Distan Kota Bandung Temukan Mie Berformalin

Bandung, Obsessionnews – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan KP) kota Bandung hari ini, Senin (13/7/2015) temukan mie berformalin yang dijual di pasar Cihaurgeulis kota Bandung. Demikian disampaikan Kepala Distan KP kota Bandung Elli Wasliah.

Mie berformalin hasil tes kimia Badan Pengawasan Obat dan Makanan di mobil lab yang terparkir pasar itu diambil dari 5 kios dan setelah di uji menghasilkan warna ungu sebagai bukti mengandung zat kimia formalin hingga 100 PPM.

“Kami tidak berhak untuk melakukan penjabelan mie, karena itu kewenangan pihak kepolisian, hanya saja diperingatkan agar tidak berjualan barang yang sama,” tandas Elli.

Selain sidak mie komoditi lainnya seperti beras, daging sapi, daging ayam dan  baso. Pada komoditas tersebut dilakukan pengujian, seperti pada beras uji clorin dilakukan untuk mengetahui beras tersebut menggunakan pemutih atau tanpa pemutih. “Untuk komoditi beras ini ada kenaikan 200 rupiah/kg untuk setiap jenis, tandas Elli.

Komoditi daging sapi di Pasar Cihaurgeulis jalan Surapati Bandung mengalami kenaikan hingga 30 ribu rupiah terutama jenis super tanpa gajih mencapai Rp.130.000/kg, ati Rp. 80.000, iga Rp 110.000, pada kesempatan itu juga dilakukan pengujian kandungan daging celeng, namun tidak didapat adanya daging celeng yang di campur daging sapi di pasar tersebut.

Begitupun pada daging yang tidak ditemukan adanya borax/pijer atau pengawet lainnya, sehingga aman untuk dikonsumsi. Daging ayam mengalami kenaikan Rp. 2000/kg dari sebelumnya hanya Rp. 30.000/kg kini mencapai Rp. 32.000/kg dan telur ayam negri turun dari harga sebelumnya Rp. 24.000 menjadi Rp. 22.000/kg.

Sidak tersebut juga melibatkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas pasar serta BPPOM kota Bandung serta unsur kewilayahan seperti Camat. Sidak pun dilanjutkan ke. Pasar Swalayaan Griya di Jalan Katamso kota Bandung. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.