Jumat, 22 Oktober 21

Siapapun Pemegang Tampuk Pemerintahan Harus Mampu Rawat Kebinekaan

Siapapun Pemegang Tampuk Pemerintahan Harus Mampu Rawat Kebinekaan
* Cendekiawan muslim Komaruddin Hidayat dan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Panut Mulyono.

Yogyakarta, Obsessionnews.com – Keragaman Indonesia merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Bangsa Indonesia mampu hidup rukun dan bersatu meski hidup terpencar dalam ribuan pulau, serta memiliki ragam suku adat dan budaya. Mereka dapat bersatu karena memiliki cita-cita bersama.

“Bangsa ini adalah rumah kita bersama. Tidak mungkin hidup dalam rumah tanpa ikatan nasionalisme, yakni Pancasila. Yang membuat kita bersatu karena memiliki cita cita bersama sebagaimana yang tertera dalam Pancasila,” kata cendekiawan muslim Prof. Dr. Komaruddin Hidayat, saat menyampaikan kuliah umum di hadapan  3.767 mahasiswa baru program pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, yang diterima pada semester gasal, di Grha Sabha Pramana, Senin (25/9/2017).

Dilansir situs UGM, mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini menilai sejarah terbentuknya Indonesia merupakan keajaiban dengan keragaman yang begitu besar. Ia membandingkan negara di Timur Tengah yang memiliki satu bahasa dan agama, namun mengalami perpecahan. Oleh karena itu, menurutnya, siapapun yang memegang tampuk pemerintahan harus mampu menjaga dan merawat kebinekaan. “Karena Indonesia dibangun dari kebinekaan sebagai modal utama,” tandasnya. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.