Rabu, 24 April 24

Siapa Penghalang SBY Bertemu Jokowi?

Siapa Penghalang SBY Bertemu Jokowi?

Jakarta, Obsessionnews.com – Suara keras Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menyebut ada pihak yang mencoba menghalangi dirinya bertemu dengan Presiden Jokowi membuat kalangan Istana angkat bicara. Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Johan Budi SP, membantah menjadi bagian dari tudingan itu.

Johan pun meminta Presiden ke-6 RI itu untuk berterus terang menyebut siapa pihak yang menghalanginya bertemu Presiden Jokowi. Johan mengatakan, sepanjang yang dia tahu, tidak ada yang menghalangi SBY. Dia juga menegaskan bahwa selama ini Jokowi selalu memutuskan sendiri ketika bertemu dengan sejumlah tokoh.

“Saya sarankan sama Pak SBY disebut saja siapa yang menghalangi. Tentu kedua, Presiden tidak bisa kalau sudah memutuskan bertemu lalu ada yang menghalangi. Saya kira salah informasi, saya tidak tahu,” kata Johan Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (2/2/2017).

Menurut Johan, hubungan antara Jokowi dengan SBY berjalan baik. Pertemuan antara Jokowi dan SBY belum dilakukan hanya karena persoalan waktu. Meski begitu, sangat dimungkinkan komunikasi keduanya juga dapat dilakukan melalui telepon. Bahkan, Johan juga menyebut, dahulu keduanya juga pernah saling berkomunikasi.

“Kan bisa secara pribadi, kan saya sampaikan hubungan Pak SBY dan Jokowi baik-baik saja. Kan bisa keduanya saling telepon, kan nggak ada persoalan,” kata Johan.

Menurut dia, sebenarnya pertemuan tersebut tak hanya bisa dilakukan melalui prosedur resmi, tapi juga bisa dilakukan melalui komunikasi pribadi. Sejumlah kolega Jokowi pun pernah mempertanyakan terkait pertemuan antara SBY dengan Jokowi. Namun pertemuan dengan Presiden Jokowi tak dapat dilakukan melalui media.

“Kalau lewat media, tentu kamu sudah tahu jawabannya, masa saya harus jawab. Sudah tahu semua. Masa lewat media,” kata dia.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung sudah membantah hal yang sama. Ia mengatakan, bahwa setiap tokoh nasional atau siapa pun yang ingin bertemu Jokowi melalui Kementerian Sekretaris Negara dan Sekretaris Kabinet. Dan diterima atau tidaknya itu tergantung Jokowi sendiri.

‎”Semua tamu yang meminta waktu untuk bertemu Presiden Jokowi tentu akan disampaikan, ‎apalagi Pak SBY. Beliau ini kan pernah menjadi presiden keenam, tentu kami sampaikan. Kami juga membaca ada yang menghalang-halangi, sama sekali tidak ada,” kata Pramono.

Sejumlah tokoh penting sudah diundang Jokowi ke Istana. Sebelumnya Jokowi sudah bertemu Presiden ketiga RI BJ Habibie, Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri. Namun, pada Kamis pagi tadi, Jokowi menyatakan akan meluangkan waktu untuk bertemu dengan SBY.

“Kan saya sudah sampaikan bolak-balik, waktunya akan diatur. Tetapi, kalau ada permintaan,” ujar Jokowi menanggapi keinginan SBY bertemu dengan dirinya.

SBY sebelumnya mengaku ingin bertemu Jokowi. Dia merasa perlu bertemu untuk membicarakan banyak hal terkait berbagai isu, terutama soal tuduhan yang selama ini diarahkan kepadanya. SBY mengaku mendapat informasi dari tiga orang sumber bahwa sebenarnya Jokowi ingin bertemu. Namun, ada pihak yang melarang.

“Tetapi, dilarang dua, tiga orang di sekeliling beliau. Dalam hati saya, hebat juga yang bisa melarang Presiden kita untuk bertemu sahabatnya yang juga mantan presiden,” tukas dia.

Hingga berita ini diturunkan SBY belum membuka suara terkait desakan pihak Istana yang ingin dirinya menyebut nama penghalang bertemu Jokowi. Lantas siapa yang dimaksud SBY tersebut? Biarkan SBY akan menjawab sendiri. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.