Rabu, 17 April 24

Siapa akan Raih Pemain Terbaik PFA?

Siapa akan Raih Pemain Terbaik PFA?
* Raheem Sterling, Virgil van Dijk dan Eden Hazard. (sportinglife.com)

Professional Footballers’ Association (PFA) telah merilis daftar nomine Player of the Year alias Pemain Terbaik Liga Primer Inggris untuk musim 2018/19.

Daftar kandidat peraih Pemain Terbaik Liga Primer Inggris musim ini sudah dirilis. Siapa paling pantas dianugerahi penghargaan ini?

Dari enam nama yang muncul, tiga di antaranya berasal dari Manchester City: Raheem Sterling, Sergio Aguero, dan Bernardo Silva. Dua dari Liverpool, yakni Virgil van Dijk dan Sadio Mane. Bintang Chelsea Eden Hazard jadi satu-satunya pemain di luar dua klub yang kini tengah salip-menyalip di puncak klasemen EPL tersebut.

Sterling dan Van Dijk disebut-sebut jadi yang terdepan untuk memenangi Pemain Terbaik PFA. Namun, keempat pemain lain juga menjalani musim yang fantastis dan berpeluang meraih penghargaan individual ini.

Malam penganugerahan PFA akan digelar pada Minggu (28/4) mendatang di London. Ada sejumlah kategori lain yang diperebutkan, seperti Pemain Muda Terbaik hingga Pemain Wanita Terbaik. Namun, kategori Pemain Terbaik tetap jadi yang paling bergengsi.

Siapakah yang akan jadi pemenang? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Raheem Sterling

#1 Raheem Sterling
Sejak meninggalkan Liverpool dan memperkuat City, barangkali baru di musim ini Raheem Sterling mencapai level konsistensi yang belum pernah ia capai sebelumnya. Dampaknya untuk mengubah permainan juga makin terasa. Tentu ini tidak lepas dari peran manajer Pep Guardiola yang membuat Sterling menjadi pemain yang lebih baik, baik itu dari segi teknik maupun taktik. Dari seorang winger lincah, kini ia berkembang menjadi pembunuh berdarah dingin di kotak penalti. Pemain 24 tahun ini juga masuk dalam kategori Pemain Muda Terbaik PFA bersama dengan rekan setimnya, Bernardo Silva. Ada potensi bagi Sterling untuk mengawinkan dua gelar individual ini.

Sergio Aguero

#2 Sergio Aguero
Tak bisa dimungkiri, Sergio Aguero adalah striker yang paling bisa diandalkan di EPL dalam sewindu terakhir. Di tengah serbuan winger haus gol dan penyerang yang lebih muda, Aguero tetap produktif seperti biasa. Reputasi Aguero sebagai predator kelas wahid membuat City selalu punya fear factor dalam diri striker Argentina ini. Musim ini, ia sudah mengemas 30 gol di semua ajang, dengan 19 gol di antaranya tersaji di EPL. Meski begitu, ia belum pernah merengkuh Pemain Terbaik PFA selama berkarier di Inggris.

Bernardo Silva

#3 Bernardo Silva
Kalau ada pemain yang tak tersentuh dalam Starting XI City di musim ini, maka Bernardo Silva adalah sosok yang dimaksud. Di luar penjaga gawang Ederson, Silva adalah pemain City yang paling sering bermain di EPL. “Bagi saya, mencadangkannya rasanya nyaris mustahil. Saat ini situasinya adalah Bernardo dan sepuluh pemain lain,” kata Pep Guardiola pada beberapa waktu lalu. Kehadiran Silva membuat City bisa sejenak melupakan Kevin De Bruyne, yang banyak menepi di musim ini akibat cedera. Bersama dengan Raheem Sterling, pemain Portugal ini juga masuk dalam kategori Pemain Muda Terbaik PFA.

Virgil van Dijk

#4 Virgil van Dijk
Tidak sia-sia Liverpool menginvestasikan £75 juta untuk bek sentral Belanda ini. Buktinya, Liverpool jadi tim yang paling sedikit kebobolan di EPL musim ini, berpeluang juara, dan Van Dijk sendiri masuk dalam nominasi Pemain Terbaik PFA.
Kepemimpinan Van Dijk dan kemampuan bertahannya yang oke telah mengubah wajah lini belakang Liverpool seutuhnya. Dari yang tadinya penuh lelucon, kini The Reds punya pertahanan yang berkelas. Van Dijk berpeluang menjadi bek pertama yang memenangkan penghargaan ini sejak legenda Chelsea John Terry meraihnya pada 2005. Ia juga bisa meneruskan estafet juara dari rekan setimnya yang merupakan pemenang musim lalu, Mohamed Salah.

Sadio Mane

#5 Sadio Mane
Ketika aktor utama Liverpool Mohamed Salah inkonsisten, Sadio Mane selalu hadir untuk membuat timnya tetap berada di trek juara. Tidak keliru untuk menyebut Mane sebagai penampil terbaik dari trio penyerang Liverpool pada kampanye kali ini.
Musim ini adalah musim terproduktif Mane sepanjang kariernya di Inggris. Sudah 18 gol dicetak oleh penyerang Senegal ini di EPL. Mane pun dikabarkan masuk dalam radar transfer Real Madrid. Liverpool wajib sekuat tenaga untuk mempertahankan aset berharganya ini.

#6 Eden Hazard
Apa jadinya Chelsea jika tanpa Eden Hazard di musim ini? Yang pasti, 29 gol (16 gol dan 13 assist) dari total 59 gol Chelsea di EPL bersumber dari Hazard. Itu artinya, separuh gol The Blues di musim ini merupakan kontribusi Hazard seorang diri. Winger Belgia ini kerap hadir sebagai solusi ketika taktik Maurizio Sarri buntu. Tidak heran apabila Chelsea tidak rela melepas Hazard di musim panas nanti seiring dengan menguatnya isu transfer ke Real Madrid. Selain masa depannya, layak dinanti pula apakah Hazard bisa meraih trofi PFA ini untuk kedua kali setelah musim 2014/15. (goal.com/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.