Minggu, 5 Desember 21

Siap-siap! Tahun 2018 Ada Lapas Maximum Security

Siap-siap! Tahun 2018 Ada Lapas Maximum Security

Semarang, Obsessionnews – Keterbutuhan Lembaga Pemasyarakatan khusus bagi narapidana beresiko tinggi nampaknya baru akan terjawab pada tahun 2018. Anggaran yang digelontorkan pun terbilang fantastis, sebesar Rp1,3 triliun.

“Tapi ini mungkin menggunakan multiyears. Dua tahun lagi,” ujar Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, I Wayan K Dusak, Kamis (9/6/2016) malam.

Penjara baru bikinan Kemenkumham ini rencananya akan dibangun di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah dengan sistem maximum security. Tentu saja sistem ini dikhususkan bagi warga binaan beresiko tinggi.

“Kita buat satu Lapas baru, Lapas Maximum Security yang konsepnya menampung napi-napi yang high risk,” tambahnya.

Sejumlah warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang kemungkinan besar menghuni penjara ini adalah terjerat kasus terorisme dan bandar narkoba. Apa sebab? Seringnya Lapas biasa kecolongan terhadap dua jenis napi itu yang membuat Lapas Maximum Security ini wajib untuk dibangun.

“Kita membatasi mereka dari dalam. Harus ada tempat khusus,” ujar dia menegaskan.

Disamping Lapas diatas, Kemenkumham juga akan menambah banyak narapidana di empat Lapas di Nusakambangan. Hingga sekarang, masih sedikit napi yang menghuni pulau penjara. Pemindahan sendiri bakal dilakukan secara bertahap.

“Nusakambangan ini Pulau penjara. Empat Lapas itu kapasitasnya justru 200 Napi. Akan kita tingkatkan satu Lapas menjadi seribu Napi. Ini untuk mengurangi over crowded di DKI,” tandasnya. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.