Selasa, 26 Oktober 21

Setu Diuruk, Tangsel Terancam Banjir

Setu Diuruk, Tangsel Terancam Banjir
* Lokasi setu atau danau yang sedang diuruk di Kelurahan Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), Banten. (Foto: Aldi H/OMG)

Tangsel, obsessionnews.com – Setu atau danau memiliki fungsi yang penting bagi warga sekitar, yakni menjadi tempat parkir air sekaligus sebagai kawasan resapan air. Alangkah nistanya apabila setu diuruk atau ditimbun oleh tanah untuk kepentingan individu semata. Seperti yang terjadi saat ini di Kelurahan Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), Banten.

Warga sekitar Setu yang juga mantan Menteri Sosial periode 2001 – 2009 Bachtiar Chamsyah, mengaku geram atas perbuatan pemilik setu yang diduga tengah menimbun danau tersebut. Apalagi keberadaan setu yang luasnya kurang lebih 2,5 Ha ini sudah ada selama 55 tahun yang lalu.

“Kami mendapatkan informasi bahwa pemilik setu yang bekerja sama dengan seorang warga bermaksud akan menimbun setu tang keberadaannya puluhan tahun,” ujar Bachtiar kepada obsessionnews.com baru-baru ini.

Pria kelahiran 31 Desember 1945 ini menjelaskan, selama ini setu telah berfungsi sebagai penampung air di kala musim hujan dan sekaligus pencegah banjir. Sedangkan di musim kemarau sebagai sumber air bagi masyarakat sekitar. Apabila pengurukan setu itu terjadi, tak menutup kemungkinan wilayah Tangsel bakal dilanda banjir.

“Dengan keberadaan setu ini telah menjadi keseimbangan ekosistem pada lingkungan hidup,” tegas Bachtiar.

Tak hanya itu, lanjutnya, Undang-Undang Lingkungan hidup juga menjaga keberadaan setu-setu yang ada di Indonesia.

“Untuk itu saya tidak setuju dengan pengurukan setu,” tandas Bachtiar.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.