Kamis, 22 Oktober 20

Setiap Perekonomian Indonesia Hendak Berlari Kencang, Selalu Ada yang Mengerem

Setiap Perekonomian Indonesia Hendak Berlari Kencang, Selalu Ada yang Mengerem
* Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: FB Sri Mulyani)

Jakarta, Obsessionnews.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjadi pembicara dalam Rapat Kerja Kementerian Perdagangan di Jakarta, Kamis (5/3/2020). Sri kemudian memposting materinya tersebut di akun Facebooknya, Jumat (6/3).

 

Baca juga:

Sri Mulyani Sebut 7 BUMN Rugi Meski Sudah Dapat Suntikan Modal

Sri Mulyani Menginspirasi Jutaan Orang di Dunia

Berprestasi Cemerlang, Sri Mulyani Kembali Dipercaya Jadi Menteri Keuangan

Sri mengungkapkan, setiap perekonomian Indonesia hendak berlari kencang, selalu ada yang mengerem, yang disebabkan karena tungkainya yang lemah, yaitu CAD (Current Account Deficit)/defisit transaksi berjalan.

“Yang menjadi penyebab utama masalah CAD tersebut adalah sisi produktivitas dan daya saing, Indonesia masih lemah karena kualitas sumber daya yang masih rendah dan infrastruktur yang kurang memadai. Ditambah lagi birokrasi yang tidak sederhana dan efisien,” tuturnya.

Menurutnya, hal ini diukur dari ICOR (Incremental Capital Output Ratio) Indonesia yang nilainya 6 lebih. Artinya untuk menghasilkan 1 output dibutuhkan capital sebanyak 6 kali lipat, sehingga menambah biaya bagi produsen. Penyebabnya antara lain karena sumber daya manusia yang tidak mendukung, konektivitas jalur logistik yang tidak optimal dan proses perizinan yang rumit. Sementara negara maju levelnya di bawah 3. Artinya untuk barang yang sama, biaya yang dikeluarkan dua kali lebih mahal bila diproduksi di Indonesia.

“Oleh karena itu kita tidak boleh bekerja secara rutin dan business as usual. Presiden ingin melakukan transformasi melalui perbaikan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur/konektivitas. Hal ini dilakukan dengan antara lain fokus belanja pada peningkatan sektor SDM seperti pembangunan fasilitas pendidikan dan kesehatan. Konektivitas juga diperlancar dengan membangun jalan tol, bandara, pelabuhan dan jembatan,” tandas Sri.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.