Selasa, 14 Juli 20

Setelah Perang 1953, Ini Pertama Kali Dua Pimpinan Korea Bertemu

Setelah Perang 1953, Ini Pertama Kali Dua Pimpinan Korea Bertemu
* Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Seoul, Obsessionnews.com – Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un akan bertemu pada Jumat (27/4/2018) pagi waktu setempat. Pertemuan kedua tokoh itu menjadi sejarah baru bagi perkembangan konflik Korea.

Yonhap News melaporkan keduanya dijadwalkan bertemu pada pukul 09.30 (KST) atau pada pukul 06.30 WIB. Sementara pembicaraan resmi akan dimulai pukul 10.30 (KST) atau 07.30 WIB.

Kim bakal melintasi garis demarkasi militer ke sisi Korea Selatan di desa perbatasan Panmunjom di zona demiliterisasi yang dijaga ketat oleh militer. Kantor berita Korea Utara KCNA melaporkan, Kim telah meninggalkan Pyongyang pada Jumat pagi.

“Kim Jong Un akan secara terbuka berdiskusi dengan Moon Jae-in dalam berbagai isu yang dapat meningkatkan hubungan antar-Korea dan mencapai perdamaian, kemakmuran, dan reunifikasi Semenanjung Korea,” tulis KCNA.

Moon dijadwalkan berangkat menuju ke Panmunjom sekitar pukul 08.00 pagi. Kedua pemimpin bakal bergabung dalam upacara resmi penyamputan.

Pertemuan Kim dan Moon pada hari ini merupakan pertemuan antar-Korea yang ketiga, namun untuk pertama kalinya digelar di Korea Selatan. Pertemuan antar-Korea sebelumnya digelar pada 2000 dan 2007, yang keduanya diselenggarakan di Pyongyang.

Dengan begitu, Kim menjadi pemimpin Korea Utara pertama yang menginjak tanah Korea Selatan sejak akhir Perang Korea pada 1950-1953. Dua Korea secara teknis tetap berperang, ketika Perang Korea berakhir dengan gencatan senjata, bukan dengan perjanjian damai. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.