Kamis, 25 April 24

Setelah 15 Tahun Absen, Shin Tae-yong Antar Indonesia Lolos ke Putaran Final Piala Asia 2023

Setelah 15 Tahun Absen, Shin Tae-yong Antar Indonesia Lolos ke Putaran Final Piala Asia 2023
* Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Foto: Twitter PSSI)

Obsessionnews.com – Kinerja Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia patut diacungkan jempol. Betapa tidak, di tangan dinginnya Timnas Indonesia mampu lolos ke putaran final Piala Asia 2023 untuk pertama kalinya sejak 15 tahun lalu.

Shin Tae-yong meracik skuad untuk tetap tangguh, menjaga mental Garuda muda demi impian mencapai puncak yang dinanti-dinanti seluruh masyarakat Indonesia.

Terakhir kali, Timnas Indonesia tampil di Piala Asia adalah pada edisi 2007 lalu. Waktu itu saat berstatus tuan rumah bersama Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

Baca juga: Kalahkan Nepal 7-0, Ranking Timnas Indonesia di FIFA Langsung Melesat

Uniknya, 4 negara di atas juga jadi wakil ASEAN di putaran final Piala Asia 2023 mendatang. Sepanjang sejarah, Piala Asia 2023 adalah penampilan Timnas Indonesia kelima di putaran final.

Indonesia pertama kali tampil di Piala Asia 1996. Salah satu yang paling diingat tentunya gol salto Widodo C. Putro ke gawang Kuwait. Tiga edisi berikutnya adalah Piala Asia 2000, 2004 dan 2007.

Keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia untuk pertama kalinya dalam 15 tahun memunculkan sosok utama di baliknya. Jawabannya jelas, yakni Shin Tae-yong dan seluruh pemain yang telah berjuang.

Baca juga: Wapres Apresiasi Keberhasilan Timnas Lolos ke Piala Dunia Sepakbola Amputasi 2022

Pelatih asal Korea Selatan itu membawa pemain-pemain muda hingga akhirnya lolos ke Piala Asia 2023 ini. Dengan begitu, keberhasilan Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 ini bisa dibilang telah mengukir sejarah di olahraga sepak bola ini.

Perjuangan mereka diawali dengan kemenangan sensasional melawan Kuwait, yang merupakan kemenangan pertama sejak 42 tahun lalu. Pada laga kedua, Indonesia harus kalah tipis 0-1 dari Yordania.

Namun satu hal penting daya juang Timnas Indonesia telah kembali. Lalu pada laga terakhir, timnas Indonesia berhasil membuktikan kapasitasnya dengan kemenangan besar 7-0 atas Nepal.

Shin Tae-yong dan pemain-pemainnya berhasil membuktikan jika kesuksesan akan datang bila mengikuti proses dengan baik. Bisa dibilang, Lolos ke Piala Asia 2023 adalah capaian besar pertama Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.