Rabu, 12 Agustus 20

Setahun Lagi Pasar Bebas, UKM Diminta Tingkatkan Hasil Produksi

Setahun Lagi Pasar Bebas, UKM Diminta Tingkatkan Hasil Produksi

Jakarta – Kurang lebih satu tahun lagi pasar bebas ASEAN (MEA) akan mulai diberlakukan. UKM Indonesia pun dimintakan untuk meningkatkan hasil produk yang menjadi kebutuhan sendiri agar jangan sampai Indonesia hanya dijadikan sebagai pasar.

“Artinya persiapan kita untuk menyongsong berlakunya pasar bebas ASEAN dan sekaligus menjadi tuan rumah di negeri kita seniri,” ujar Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Ahmad Zabadi dalam penutupan fashion show dan krenov fair di gedung SMESCO UKM, Jakarta, Sabtu (13/12/2014)

Zabadi mengatakan akselerasi itu hanya mungkin dicapai apabila yang menjadi wirausaha itu adalah kalangan perguruan tinggi yakni mahasiswa dan tenaga pengajar. “Inilah hal penting yang harus kita garis bawahi,” katanya

Maka Zabadi berencana akan menggelar acara fashion show dan krenov fair secara rutin setiap tahun. Dengan harapan bisa menciptakan wirausaha baru dari kalangan kampus. “Saya menghimbau ada baiknya masing-masing kampus mengadakan kegiatan seperti ini untuk mendorong mahasiswa untuk menjadi wirausaha,” tutur dia.

Zabadi melanjutkan saat ini Thailand tengah mempersiapkan 100 ribu UKM nya untuk belajar berbahasa Indonesia dengan dukungan 500 perguruan tinggi. Langkah itu dilakukan sebagai bentuk keseriusan negeri gajah putih itu dalam menyambut pasar bebas ASEAN.

“Sedangkan kita hari ini baru sekitar 25 perguruan tinggi,” ucap Zabadi. (Has)

 

Related posts