Kamis, 25 April 24

Sertifikasi Pengelola Koperasi Capai 1.092

Sertifikasi Pengelola Koperasi Capai 1.092
* Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Yuana Sutyowati Barnas memberikan keterangan pers kepada wartawan.

Bogor, Obsessionnews.com – Sampai tahun 2016 jumlah koperasi simpan pinjam (KSP) di Indonesia sebanyak 10.410 unit, tetapi jumlah pengelola koperasi yang memiliki sertifikasi kompetensi baru sebanyak 1.092. Hal ini mendapat sorotan dari Kementerian Koperasi dan UKM.

“Karena itu sangat penting kompetensi bagi pengelola koperasi,” kata Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Yuana Sutyowati Barnas melalui siaran pers, Rabu (1/11/2017).

Terkait hal itu, melalui sinergi Deputi Pembiayaan dan Deputi bidang Pengembangan SDM Kemenkop UKM melaksanakan Pra Konvensi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Koperasi Simpan Pinjam (KSP)/Unit Simpan Pinjam (USP) Koperasi di Bogor, Jabar.

Yuana mengatakan agenda Pra Konvensi membahas Penyampaian Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (RSKKNI) dan Rancangan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (RKKNI) bidang KSP/USP Koperasi.

Selain itu juga diharapkan ada masukan dan koreksi RSKKNI dan RKKNI bidang KSP/USP Koperasi. Pra Konvensi juga sekaligus persiapan pembahasan Konvensi Nasional.

“Pertemuan ini menghasilkan bahwa masukan, usulan dan saran dari peserta Pra Konvensi SKKNI Bidang KSP/USP Koperasi akan ditindaklanjuti oleh Tim Perumus SKKNI bidang KSP/USP Koperasi,” ujar Yuana.

Pra konvensi juga memutuskan dilakukan pengambilan keputusan/voting untuk menentukan apakah pengurus dan pengawas masuk atau tidak pada SKKNI bidang KSP/USP Koperasi. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.