Sabtu, 21 Mei 22

Serius Damaikan Arab vs Iran, Jokowi akan Kirim Utusan Khusus

Serius Damaikan Arab vs Iran, Jokowi akan Kirim Utusan Khusus

Jakarta, Obsessionnews – Pemerintah Indonesia siap berperan dalam meredakan ketegangan konflik antara Arab Saudi dan Iran. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan tengah mempertimbangkan mengirimkan utusan khusus guna mendamaikan kedua kubu.

“Mengirim utusan khusus itu bahwa kita memang ingin serius betul,” ungkap Jokowi di sela-sela acara makan malam bersama dengan perwakilan media di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/1/2016).

Jokowi mengungkapkan maksud melakukan kontak telepon dengan pemimpin kedua negara, akan tetapi Kepala Negara khawatir pesan yang disampaikan bisa diartikan berbeda. Maka pilihannya yakni mengirimkan utusan khusus tersebut.

“Kalau menelepon itu berbeda maksudnya. Kalau telepon yah saya bisa saja,” katanya.

Hubungan Saudi-Iran memburuk setelah pemerintah di Riyadh mengeksekusi ulama Syiah terkemuka, Sheikh Nimr al-Nimr, pada Sabtu (2/1/2016) lalu, terkait kasus terorisme.

Ia menjalani hukuman mati bersama tidak kurang dari 40 orang lainnya. Eksekusi Al-Nimr memicu kemarahan di Iran dan beberapa kawasan lain di dunia dan memicu aksi unjuk rasa di Teheran, yang berlangsung di depan kantor Kedutaan Arab Saudi.

Para pengunjuk rasa antara lain melempari kantor Kedutaan Arab Saudi dengan bom molotov. Buntut dari aksi itu, pada Minggu (3/1/2016) malam, Kementerian Luar Negeri Saudi di Riyadh mengumumkan pemutusan hubungan diplomatik dengan Iran. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.