Selasa, 7 Desember 21

Sering Cuci Muka Pakai Air Hangat, Bikin Wajah Keriput Cepat Tua

Sering Cuci Muka Pakai Air Hangat, Bikin Wajah Keriput Cepat Tua
* Ilustrasi cuci muka dengan air hangat. (thinkstockphotos.com)

Mencuci muka sebelum tidur jadi hal wajib yang tak boleh ditinggalkan jika ingin kulit bebas masalah. Terutama jika Sahabat Dream banyak beraktivitas di luar atau menggunakan riasan yang cukup tebal.

Bahkan hanya di rumah saja, kita tetap wajib memastikan wajah dalam keadaan bersih sebelum tidur. Membiarkan wajah dalam keadaan kotor dan dan mencucinya, akan dengan mudah memicu jerawat.

Untuk mencuci wajah, ada beberapa orang yang memiliki kebiasaan membilas atau menggunakan air hangat. Hal ini dilakukan dengan anggapan agar pori-pori terbuka dan formula pembersih bekerja maksimal membersihkan komedo.

Ternyata mencuci muka dengan air hangat sebaiknya tak dilakukan setiap hari. Cukup sesekali saja saat melakukan deep cleansing. Kebiasaan ini justru dapat membuat kamu mengalami masalah kulit seperti penuaan dini.

Dikutip dari KlikDokter.com, manfaat cuci muka dengan air hangat dikenal dapat membersihkan kotoran lebih baik ketimbang air suhu biasa. Namun, akan berbeda halnya jika air yang digunakan memiliki suhu yang terlalu panas.

Kulit normal memiliki keseimbangan jumlah lapisan minyak serta air. Dua komponen penting inilah yang menjaga kulit tetap kenyal, awet muda, serta sehat.

Minyak berlebih memang dapat mengundang banyak masalah, tapi kehilangan minyak juga demikian. Kondisi tersebut dapat merusak kesehatan kulit.

Mencuci muka dengan air hangat dapat menghabiskan lapisan minyak ini dengan cepat. Bila dilakukan berulang-ulang, kulit akan kehilangan kekenyalannya dan terlihat kusam.

Lebih jauh lagi, kondisi kulit wajah yang kehilangan minyak alaminya mengharuskan kitauntuk mengaplikasikan pelembap. Lalu, kondisi ini juga akan membuat kulit wajah rentan terhadap timbulnya jerawat dan infeksi kulit lainnya.

Bagi pemilik kulit berminyak, mencuci muka dengan air hangat dapat mengikis lapisan minyak alami kulit dan membuat tubuh merespons dengan merangsang produksi minyak berlebih. Akibatnya, kulit menjadi lebih berminyak.

Untuk mencuci muka, disarankan menggunakan air dengan suhu normal. Tidak hangat, tidak dingin. Bila memang ingin mengangkat kotoran lebih maksimal lebih baik lakukan teknik double cleansing.

Caranya bersihkan dulu dengan micellar water baru kemudian, cuci muka dengan sabun wajah. Penjelasan selengkapnya baca di sini. (Dream/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.