Minggu, 19 September 21

Serapan Dana Desa Jateng Hanya 57 Persen

Serapan Dana Desa Jateng Hanya 57 Persen

Semarang, Obsessionnews – Dana desa sebanyak Rp 2,2 miliar lebih ternyata belum terserap secara penuh di Provinsi Jawa Tengah. Terbukti, dari 29 kabupaten, 527 kecamatan, 7.809 desa, baru 56,98 persen yang telah cair ke Rekening Kas Desa.

Demikian riset yang dilakukan oleh Forum Indonesia untuk Trasparansi Anggaran (FITRA) berdasarkan data Kementerian Desa hingga 27 Oktober 2015 kemarin.

“Dari dana desa yang total cair dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) sekitar 1.783.111.296 atau 80 persen telah disalurkan ke RKUD Kabupaten. Namun baru Rp 1.270.106.359.687 yang sudah cair ke Rekening Kas Desa,” ujar Koordinator FITRA Jateng, Mayadina RM dalam rilis yang diterima obsessionnews.com, Jum’at (13/11/2015).

Sementara itu, jumlah desa yang sudah menerima dana desa tahap pertama sebanyak 6.321 desa dan tahap kedua jauh lebih kecil hanya berjumlah 3.472 desa. Sedangkan jumlah desa yang belum mencairkan DD sebanyak 1.488 desa.

Menurut Mayadina, masih rendahnya penyerapan disebabkan oleh lambatnya regulasi dari pusat dan daerah. Koordinasi yang kurang antar stakeholder urusan desa juga turut membuat sedikitnya serapan.

“Penyebab lain yakni masih tumpang tindihnya kelembagaan yang menangani urusan desa, administrasi yang sering berubah, penyiapan sumber daya manusia (SDM) aparatur desa lambat,” tambah dia.

Lebih lanjut, pihaknya berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng untuk monitoring terhadap Kabupaten dengan serapan dana desa yang sedikit.

“Bagaimanapun dana desa harus dimanfaatkan sesuai cita-cita undang-undang desa, yaitu menciptakan desa yang kuat, maju, mandiri dan demokratis,” tutupnya. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.