Jumat, 19 April 24

Serang Para Pejabat, Virus Corona di Iran Tewaskan 77 Orang

Serang Para Pejabat, Virus Corona di Iran Tewaskan 77 Orang
* Perempuan Iran menggunakan masker untuk mencegah virus corona. (Foto:WEST ASIA NEWS AGENCY Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul "Wakil Presiden hingga Ketua Komisi di Parlemen Iran Positif Corona" , https://katadata.co.id/berita/2020/02/28/wakil-presiden-hingga-ketua-komisi-di-parlemen-iran-positif-corona Penulis: Martha Ruth Thertina Editor: Martha Ruth Thertina)

Jakarta, Obsessionnews.com – Penyebaran virus corona di Iran terus meluas. Setidaknya sudah 77 orang tewas karena terpapar corona. Hal ini menjadi perhatian serius bagi peerintah setempat. Sebab, bukan hanya masyarakat biasa, Pejabat tinggi Iran, yakni Kepala Layanan Medis Darurat Iran Pirhossein Kolivand juga dinyatakan positif corona.

Sebelumnya Wakil Menteri Kesehatan Iran, Iraj Harirchi juga dinyatakan positif virus Corona pada 25 Ferbuari lalu. Kejadian itu bermula saat ia sedang mendampingi Ali Rabiei dalam konferensi pers, Iraj terlihat berkeringat dan beberapa kali menyeka wajahnya dengan tisu. Dia kemudian mengungkapkan dalam sebuah video jika dirinya positif terjangkit virus Corona dan akan menjalani karantina di rumah.

Kemudian Wakil Presiden Iran ke-7, Masoumeh Ebtekar juga terkena musibah yang sama. Bahkan virus corona telah merenggut nyawa Mohammad Mirmohammadi, 72 tahun yang merupakan anggota Dewan Penasihat Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei. ia meninggal pada Senin, 2 Maret 2020.

Sebagaimana laporan resmi pemerintah Iran pada Selasa, (3/3/2020), Wakil Menteri Kesehatan Iran Alireza Raisi melaporkan 11 kematian baru dan 835 kasus baru. Angka ini merupakan lonjakan terbesar dalam satu hari terhitung sejak wabah mulai menyebar luas di Iran dua pekan lalu.

Iran telah berupaya untuk menekan penyebaran virus, termasuk menutup sementara sekolah dan institusi pendidikan, acara publik, dan olahraga hingga membatasi jam kerja pegawai.

Khamenei mengimbau masyarakatnya untuk tetap menjaga kebersihan sebagai upaya pencegahan wabah virus Corona. Dia mengklaim Iran sudah bersikap transparan dengan melaporkan setiap detail angka terhadap kasus baru dan juga korban kematian virus Corona tanpa menutupinya.

Ia justru menuduh negara lain yang berusaha menutupi fakta yang ada. Khamenei juga terus berdoa agar pasien yang terinfeksi virus corona dapat segera sembuh. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.