Kamis, 27 Januari 22

Sentimen Cina Menguat, Jokowi Alihkan Kerja Sama ke Jepang?

Sentimen Cina Menguat, Jokowi Alihkan Kerja Sama ke Jepang?
* Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Jepang Abe di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (15/1/2017) sore..

Jakarta, Obsessionnews.com – Pada awal terpilih sebagai Presiden, Jokowi menegaskan ingin meningkatkan hubungan kerja sama dengan Cina dan dan Jepang. Bahkan tidak lama setelah menjabat, Jokowi langsung terbang ke kedua negara tersebut untuk membuat sejumlah kesepakatan bersama.

Saat itu selain kerjasama ekonomi, Indonesia dan Jepang sepakat mempererat kerjasama dalam bidang pertahanan. Kedua negara antara lain sepakat bekerjasama dalam misi-misi perdamaian PBB dan pengembangan perlengkapan dan peralatan militer. Jepang juga akan memberi bantuan asitensi untuk militer Indonesia.

Presiden Jokowi dan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe menerangkan, mereka ingin meningkatkan konsultasi tingkat menteri di bidang ekonomi dan pertahanan, untuk melanjutkan kerja sama yang sudah dirintis pendahulu Jokowi, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pada tahun 2013.

Dengan Cina, pemerintah Indonesia sepakat untuk mengumumkan pernyataan bersama tentang hubungan strategis dan komprehensif kedua negara ke arah yang saling menguntungkan.

Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Shinzo Abe di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/1/2017).

Sementara Presiden Jokowi mengatakan, dalam konteks hubungan bilateral Indonesia-Tiongkok, kedua pihak akan melakukan kerja sama pemberantasan korupsi, meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup rakyat kedua negara.

Delapan MoU yang telah ditandatangani bersama, yakni nota kesepahaman kerja sama ekonomi antara Kemenko Perekonomian RI dan Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional Cina, Nota kesepahaman kerja sama Proyek Pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung antara Kementerian BUMN dan Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional Cina, dan Nota Kesepahaman kerja sama maritim dan SAR antara Basarnas dan Kementerian Transportasi Cina.

Selain itu, kerja sama antara Protokol Persetujuan antara pemerintah Cina dan RI dalam pencegahan pengenaan pajak ganda kedua negara, Kerangka Kerja Sama Antariksa 2015-2020 antara Lapan dan Lembaga Antariksa Cina, dan nota kesepahaman kerja sama saling dukung antara Kementerian BUMN dan Bank Pembangunan Cina Pembangunan.

Dua kerja sama yang lain yakni nota kesepahaman antara pemerintah Cina dan RI dalam pencegahan pengenaan pajak ganda kedua negara, dan nota kesepahaman kerja sama bidang industri dan infrastruktur antara Kementerian BUMN dan Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional Cina.

Sentimen Cina Untungkan Jepang
Cina boleh berbesar hati karena telah berhasil menang dalam pertarungan memperebutkan proyek pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung dari Jepang. Tetapi Jepang bisa mengambil keuntungan seiring dengan menguatnya sentimen anti-Cina di Indonesia yang terjadi belakangan ini. Ini kesempatan emas bagi Jepang untuk menyalip Cina di ‘tikungan’.

Isu serbuan tenaga kerja Cina sampai apa yang disebut sebagai kemiripan uang Rupiah baru dengan Yuan menjadi perdebatan di media sosial dan berkesan menyudutkan etnik Cina. Dipengaruhi pula dengan memanasnya suhu politik menjelang Pilkada serentak 2017. Mobisisasi massa kontra, hingga perang opini terhadap calon petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, yang notabene merupakan etnik Cina, menjadi penyebab gejolak itu terjadi.

Jepang Mitra Strategis
Perlu ditelisik kembali tentang pernyataan Presiden Jokowi saat memimpin pertemuan bilateral antara delegasi Indonesia dan Jepang yang dipimpin Perdana Menteri Shinzo Abe di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/1/2017).

Presiden Jokowi menyatakan kerjasama strategis yang terjalin antara Jepang dan Indonesia, menjadikan Jepang sebagai mitra strategis Indonesia di berbagai bidang, khususnya di bidang ekonomi, perdagangan, dan investasi.

Presiden Jokowi juga menyatakan, kedekatan Indonesia-Jepang terlihat jelas pada intensitas pertemuannya dengan PM Abe, yang dalam dua tahun terakhir telah enam kali mengadakan pertemuan. Bahkan, lanjut Presiden Jokowi, PM Abe merupakan pemimpin negara pertama yang berkunjung ke Indonesia, pada awal 2017 ini.

“Senang dapat bertemu kembali di awal tahun 2017 ini. Ini adalah kunjungan pemimpin negara pertama ke Indonesia, di tahun ini. Dalam kurun kurang dari dua tahun, saya dan Yang Mulia PM Abe telah enam kali bertemu. Hal ini menunjukkan pentingnya hubungan Indonesia dan Jepang,” katanya.

Apakah pernyataan ini sebagai tanda bahwa Jokowi kini lebih memilih Jepang sebagai mitra, ketimbang Cina? Hanya Jokowi yang bisa menjawabnya. Namun, pertanyaan ini sangat relevan, karena kedatangan PM Jepang Shinzo Abe ke Indonesia juga mengajak lebih-kurang 30 CEO perusahaan besar asal Jepang.

Berdasarkan penelusuran Obsessionnews.com, setidaknya ada tiga proyek besar yang melibatkan Indonesia dan Jepang. Tiga proyek itu adalah pembangunan Blok Masela, Pelabuhan Patimban, dan kereta semi cepat Jakarta-Surabaya.

Awal Kerja Sama Indonesia-Jepang
Hubungan bilateral kedua negara dibuka pada bulan 20 Januari 1958 dengan penandatanganan Perjanjian Perdamaian antara Jepang dan Republik Indonesia. Pada tahun yang sama ditandatangani pula Perjanjian Pampasan Perang.

Walau sejarah mencatat kisah suram penjajahan Jepang di Indonesia, saat ini kedua negara telah membina hubungan persahabatan yang sangat erat yang berlandaskan hubungan kerja sama dan pertukaran di berbagai bidang seperti politik, ekonomi, kebudayaan dan sebagainya.

Hubungan persahabatan seperti ini, bukanlah sesuatu yang dapat dibangun dalam sehari saja. Di Indonesia ada sekitar 11.000 orang Jepang, sebaliknya di Jepang terdapat lebih 24.000 orang Indonesia. Perusahaan-perusahaan Jepang yang beroperasi di Indonesia berjumlah lebih dari 1000 perusahaan, di mana bekerja 300.000 orang Indonesia.

Sementara itu, di Indonesia terdapat lebih dari 85.000 orang yang belajar Bahasa Jepang. Jumlah ini terbesar di Asia Tenggara dan menempati kedudukan ke-6 di dunia. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.