Kamis, 21 November 19

Sensasi Trekking di Bukit Pulisan

Sensasi Trekking di Bukit Pulisan
* Bukit Pulisan di Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara (Minut). (Foto: dok OMG)

Bagi yang ingin menghabiskan waktu liburan, tak ada salahnya memasukkan Bukit Pulisan ke dalam list destinasi yang wajib dikunjungi. Memang, namanya belum tersohor seperti Bunaken, tetapi panorama alam di sana dijamin tak mengecewakan. Pesonanya pun tak kalah dengan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Beberapa orang menyebut perbukitan yang terletak di tepi Pantai Pulisan, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara (Minut) ini Bukit Teletubbies. Lantaran pemandangannya mengingatkan pada set dalam serial televisi anak-anak bertajuk Teletubbies.

Butuh sekitar 1,5 jam hingga 2 jam dari Manado untuk mencapai Pulisan dengan menggunakan kendaraan pribadi melalui jalur darat. Bukit ‘Teletubbies’ sendiri letaknya tak jauh dari pemukiman.

Ada dua  cara untuk sampai ke Bukit Pulisan. Pertama adalah melalui Pantai Pulisan, yakni dengan menaiki perahu kecil atau katingting dan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 20 menit.Kedua adalah langsung berjalan dari jalan masuk yang nampak di jalan utama, tetapi tetap harus berjalan sekitar 15 menit. Jalan masuk tersebut cukup lebar dan dapat dilalui mobil, hanya jalannya berbatu dan menanjak.Jika memutuskan untuk berjalan kaki dan memarkir kendaraan di jalan, sepanjang jalan Anda akan melihat ladang jagung, pohon pisang, dan beberapa tanaman lain di sebelah kiri. Sementara pemandangan bukit berbatu dengan ilalang yang tumbuh subur terdapat di sisi lainnya.

Bukit Pulisan memperlihatkan hamparan padang rumput dengan pemandangan laut yang indah. Untuk menuju ke puncaknya diperlukan persiapan yang matang, sangat disarankan untuk mengisi perut terlebih dahulu. Pasalnya, Anda harus melewati perjalanan yang agak menantang selama satu jam. Apalagi jalanannya tanah berbatu sehingga akan sangat licin di saat hujan turun.

Ketika tiba di ujung jalan, Anda akan menemukan rumah yang terdapat kamar mandi di dalamnya. Dari rumah tersebut jika ingin menikmati pemandangan pantai, Anda bisa menuju ke sebelah kiri. Sementara jika ingin menikmati pemandangan bukit Anda dapat menuju ke sebelah kanan.

Putihnya pasir Pantai Pulisan, (Foto: dok. Pesona.travel)

Kami merekomendasikan untuk memilih jalur sebelah kiri yang menyuguhkan landscape gradasi air laut, langi biru, dan pepohonan yang menghijau. Saat mencapai puncak, perjuangan Anda bakal terbayar lunas karena Anda dapat menikmati salah satu spot terbaik menikmati kawasan Pantai Pulisan dan Tanjung Pulisan ini.

Udara siang yang panas pun tidak terasa saat menikmati mahakaraya Tuhan tersebut, membuat siapa pun akan kerasan di sana. Jika tidak tahan dengan paparan sinar matahari yang terik, terdapat semacam saung berukuran kecil untuk berlindung (orang Manado menyebutnya sabuah).

Bila ingin berenang atau sekadar menikmati pantai, Anda tinggal menuruni bukit. Memang terjal dan curam, tetapi hal tersebut bisa memberikan tantangan lain. Air laut jenih sehingga ikan-ikan terlihat, akan membuat rasa lelah saat menuruni bukit hilang sudah.

Hanya saja, Anda harus menyiapkan energi untuk kembali. Anda harus mendaki jalanan terjal. Bahkan membuat adrenalin terpacu. Tetap hati-hati jika menapakinya, jangan sampai Anda tergelincir. Setelah  menikmati udara segar Bukit Pulisan wisatawan dapat mengunjugi pesona.travel untuk mengetahui beberapa destinasi terdekat salah satunya Pantai Pulisan.

Pantai Pulisan memang memberikan pengalaman komplet, yakni bisa menikmati pantai dan perbukitan dengan sabana. Bisa berenang juga mendaki. Kawasan ini juga sudah disetujui sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang setelah dikunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu silam. (Gia)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.