Sabtu, 14 Desember 19

Senin, Jokowi Langsung Agendakan Rapat Kabinet Bahas Hasil Kunker LN

Senin, Jokowi Langsung Agendakan Rapat Kabinet Bahas Hasil Kunker LN

Brisbane – Presiden Jokowi akan segera menindaklanjuti hasil kunjungan kerjanya selama sembilan hari di luar negari. Besok, Jokowi akan memanggil para menteri-menterinya untuk mengadakan rapat kabinet di Istana Kepresidenan.

“Jelas nanti hari Senin akan ada Rapat Kabinet jam 13, diagendakan dan presiden akan memberikan arahan ke menteri menteri terkait untuk segera menindaklanjuti APEC, ASEAN dan G20,” ujar Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto saat mendampingi Presiden Jokowi melakukan blusukan ke pelabuhan Brisbane, Australia, Minggu (16/11/2014).

Andi menjelaskan, presiden akan meminta para menteri terkait untuk membuat rencana kerja dengan berlandaskan hasil pertemuan KTT APEC, KTT ASEAN dan Asia Timur, KTT G20 serta hasil blusukan ke beberapa pusat perekonomian.

Selama di luar negeri presiden juga melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara. Pertemuan itu untuk membahas peluang kerjasama dalam menggarap program poros maritim yang telah digagas Jokowi.

“Terutama kalau sudah konkret berupa investasi kerjasama antar presiden. Kalau ada free trade agreement mesti harus dibicarakan,” kata Andi.

Andi menambahkan, Presiden Jokowi sudah memiliki gambaran negara mana saja yang akan diajak untuk bekerjasama. Ada lebih dari sepuluh negara yang sudah menyatakan tertarik untuk berinvestasi di Indonesia.

“Lagi dibuat listnya untuk disampaikan nanti hari Senin,” tutur pria yang suka dengan topi ala koboi tersebut.

Melalui program poros maritim, Presiden Jokowi memaparkan akan membangun pelabuhan,dan rel kereta api yang menghubungkan pulau-pulau di Sumatera, Kalimantan dan Papua. Juga membangun bendungan untuk saluran irigasi, power plant, serta jalan tol. (Has)

 

Related posts