Rabu, 24 April 24

Senin Jemaah Haji Gelombang I Terbang ke Tanah Air

Senin Jemaah Haji Gelombang I Terbang ke Tanah Air
* Keceriaan jemaah haji asal Indonesia saat mulai memasuki pelataran Masjidil Haram. (Foto: Kemenag)

Makkah, Obsessionnews.com – Setelah berakhirnya rangkaian ibadah haji, kepulangan jemaah Indonesia mulai disiapkan. Jemaah dari Kloter 13 Embarkasi Palembang yang bakal diberangkatkan pertama kalinya ke Tanah Air.

Kepala Seksi Pelayanan Kedatangan dan Kepulangan Daerah Kerja Bandara Muhammad Syarif mengatakan, rombongan tersebut akan diberangkatkan pada Senin (27/8/2018) pagi dari Bandara King Abdulaziz Jeddah. Sekitar 450 anggota rombongan tersebut akan berangkat menggunakan maskapai Saudi Arabia Airlines dan diharapkan tiba di Tanah Air pada Senin malam.

“Mudah-mudahan lancar kepulangan nanti,” kata Syarif  Sabtu (25/8) seperti dikutip Obsessionnews.com dari situs Kementerian Agama.

Selepas kloter tersebut akan terbang ke Tanah Air juga Kloter 14 Embarkasi Surabaya kira-kira satu jam setelahnya. Menyusul kemudian Kloter 11 Jakarta-Bekasi, Kloter 1 Padang, Kloter 14 Jakarta Bekasi, dan Kloter 3 Jakarta-Pondok Gede.

Sebanyak 12 kloter akan diberangkatkan pada hari pertama kepulangan tersebut. Kloter 7 Embarkasi Makassar dan Kloter 6 Embarkasi Solo akan jadi penutup kepulangan pertama pada Senin malam. Gelombang kepulangan perdana dari Jeddah dilakukan bertahap hingga 9 September nanti.

Total sebanyak 203.351 jemaah haji reguler tiba di Tanah Suci. Dari jumlah itu, sebanyak 87.863 orang tiba dalam gelombang pertama Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz, Madinah. Sejumlah itu pula yang akan berangkat pulang ke Tanah Air lebih dulu melalui Jeddah.

Jumlah jamaah yang tiba akan berkurang pada saat kepulangan nanti. Pasalnya, hingga Sabtu (25/08) pagi waktu Saudi, tercatat 157 jemaah wafat dan beberapa masih harus dirawat di rumah sakit Arab Saudi. Jumlah kematian tersebut berkurang drastis dari tahun sebelumnya yang mencapai 657 jemaah.

Jemaah gelombang pertama dipulangkan melalui Jeddah tersebut sebelumnya telah menghabiskan awal musim haji di Madinah selama sepekan lebih. Pada kedatangan, mereka tiba pada gelombang pertama melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz, Madinah sejak pertengahan hingga akhir Juli lalu.

Sementara jemaah yang tiba di Jeddah melalui gelombang kedatangan kedua melaksanakan lebih dulu ibadah di Makkah untuk kemudian berziarah ke Madinah.

Jemaah yang pulang dari Jeddah nantinya akan diantarkan menggunakan bus yang disediakan maktab masing-masing. Mereka kemudian didorong ke Bandara Jeddah untuk menanti diberangkatkan. Sementara di bandara, jemaah juga akan diperiksa dan disesuaikan berat barang bawaannya agar tak melebihi batas yang disyaratkan pihak maskapai. Sementara jemaah yang ke Madinah akan diberangkatkan menggunakan bus dari Makkah mulai Jumat (31/8) mendatang. (Kemenag/red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.