Senin, 29 November 21

Senator Aceh: Tak Ada Bangsa yang Besar Kecuali Indonesia

Senator Aceh: Tak Ada Bangsa yang Besar Kecuali Indonesia
* Rafli berbicara pada Acara sosialisasi 4 pilar

Banda Aceh, Obsessionnews – Tidak ada bangsa di dunia ini yang besar kecuali Indonesia, karena di Indonesia terdapat belasan ribu  pulau, ribuan suku dan ribuan bahasa.

Pernyataan ini disampaikan Anggota DPD RI asal Aceh, Rafli, dalam pidatonya pada acara seminar nasional sosialisasi 4 pilar kebangsaan yang digelar atas  kerjasama MPR RI dan Solidaritas untuk Rakyat Daerah Terpencil (SuRaDT) di Restoran Aneuk Kupi Lamnyong Banda Aceh, selasa (14/5).

Rafli yang merupakan nara sumber pada acara tersebut menjelaskan, keutuhan bangsa ini sangat tergantung pada peran pemuda dan mahasiswa saat ini, ingin dibawa kemana bangsa ini ke depannya.

Acara Sosialisasi 4 Pilar
Acara Sosialisasi 4 Pilar

“Indonesia ini bila kita ibaratkan dalam bermusik seperti Big Orkestra, dimana di dalamnya terdapat berbagai permainan  alat musik yang berbeda  namun merupakan sebuah komposisi yang utuh dan  menghasilkan harmonisasi yang indah. Untuk itu pemuda dan mahasiswa sebagai aset bangsa harus mampu menjaga dan merawat keutuhan bangsa Indonesia,” jelas Rafli dengan nada yang khas dari seniman Aceh tersebut.

Senator asal Aceh ini menjelaskan, Aceh punya jasa yang besar  dalam proses mewujudkan  Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), bahkan jihad bagi orang Aceh untuk menjaga Nusantara dari penjajahan kolonial belanda tempo dulu.

“Untuk itu, berikan kemandirian bagi tiap-tiap daerah di seluruh wilayah Nusantara ini, jika daerah sudah mandiri dan berkembang ini juga akan menjadi sebuah kewibawaan bagi pemerintah pusat itu sendiri,” kata Rafli  penuh semangat.

Pemateri Acara sosialisasi 4 Pilar-
Pemateri Acara sosialisasi 4 Pilar-

Menurut pantauan obsessionnews.com pada saat kegiatan itu digelar, terlihat sangat antusiasnya peserta dalam merespon kesempatan bertanya oleh moderator, sehingga diskusi tersebut melebar hingga permasalahan kekinian Aceh.

Selain dihadiri oleh Rafli sebagai anggota DPD RI asal Aceh yang menjadi pemateri, juga turut mendampingi  anggota DPRA, Muhammad Saleh dan  Ketua Paguyuban Aceh, Mufid sebagai pemateri pada acara Sosialisasi 4 Pilar tersebut dan Moderator dipandu oleh M. Khadafi sehingga kegiatan tersebut berlangsung dengan alot, tertib dan lancar. (Agung Sanjaya)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.