Minggu, 17 Oktober 21

Seminar Nasional Teknologi dan Agribisnis Peternakan

Seminar Nasional Teknologi dan Agribisnis Peternakan
* Prof.Dr.Ismoyowati, (Dekan Fakultas Peternakan Unsoed) yang menyampaikan materi berjudul “Keragaman Genetik dan Konservasi Unggas Lokal”

Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto bekerjasama dengan jurnal ilmiah terakreditasi Animal Production mengadakan Seminar Nasional Teknologi dan Agribisnis Peternakan Seri V atau STAP V. Sub tema seminar nasional pada tahun ini adalah “Teknologi dan Agribisnis Peternakan untuk Mendukung Ketahanan Pangan”. Seminar diselenggarakan Sabtu 18 November 2017 bertempat di Hotel Aston Imperium, Ruang Kresna, Purwokerto.

Seminar nasional ini diselenggarakan sebagai media penyebaran hasil-hasil penelitian dari para peneliti bidang peternakan di seluruh Indonesia dan ajang pertukaran informasi antar peserta mengenai topik-topik penelitian yang ditekuninya. Panitia membuat kelompok diskusi secara acak tidak sesuai dengan bidang ilmu dengan harapan terjadi pertukaran keilmuan, pemikiran dan wacana yang lebih luas di antara peserta diskusi. Artikel yang memenuhi persyaratan akan melalui proses review untuk diterbitkan pada jurnal ilmiah terakreditasi ANIMAL PRODUCTION, sedangkan artikel lainnya akan diterbitkan dalam bentuk prosiding ber-ISBN.

Menurut ketua panitia Seminar Nasional Ir.Juni Sumarmono,PhD., kegiatan ini merupakan salah satu media interaksi dan penyebarluasan informasi inovasi dan teknologi mutahkir dari kalangan akademisi, praktisi, pemerintah dan semua stakeholder peternakan. “Seminar nasional ini bertujuan mensinergikan antara potensi, permasalahan dan kebutuhan di bidang peternakan sehingga menjadi sebuah solusi dalam pengembangan peternakan yang berkelanjutan, merangkum perkembangan teknologi yang bermula dari teknologi kelokalan (indigenous technology), kearifan lokal (local wisdom) hingga teknologi terkini sehingga menjadi sebuah blue print pengembangan teknologi peternakan di Indonesia dan dunia”, ungkapnya.

Peserta Seminar Nasional Teknologi dan Agribisnis Peternakan Seri V.

Pada sesi utama diisi oleh narasumber yaitu Dr.Arief Sabdo Yuwono (SEAMEO BIOTROP), yang menyampaikan materi dengan judul “Membangun industri Peternakan yang ramah lingkungan / Environmentally Friendly), Prof.Dr.Neramit Sookmanee, (Kasetsart University, Thailand), yang menyampaikan materi berjudul “the importance of animal breeding and genetic resources to improve animal productivities in the south east asian region”, dan Prof.Dr.Ismoyowati, (Dekan Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman) yang menyampaikan materi berjudul “Keragaman Genetik dan Konservasi Unggas Lokal”.

Sedangkan Narasumber undangan Prof. Budi Guntoro SP.t, MSc, Ph.D dari Universitas Gadjahmada dengan materi “Pengembangan Agrowisata Peternakan”, Prof.Ir Edy Kurnianto Ph.D dari Universitas Diponegoro dengan materi “Sumberdaya genetik ternak lokal”, Dr.Ir Aris Winaya MP dari Universitas Muhamadiyah Malang dengan materi “Teknologi analisi DNA dalam penguatan strategi konservasi genetik sapi lokal Indonesia, dan Dr.Ir Ely Tugiyanti MP dari Fakultas Peternakan UNSOED dengan materi “Pemanfaatan ampas teh sebagai feed aditif pakan unggas dan anti bakteri terhadap Escherchia coli”.

Seminar nasional kali ini diikuti antara lain oleh Balai penelitian ternak Ciawi, Bogor, BPTP Kepulauan bangka Belitung Pangkalpinang, Dinas Pertanian dan Pangan Kab Kulonprogo yogyakarta, Pusat penelitian Biologi-LIPI Bogor, Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Islam Kalimantan, Universitas Syah Kuala, dan Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Samawa Sumbawa Besar, Universitas Sulawesi Barat, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Jambi, Universitas Padjajaran, UniversitasBengkulu, Universitas Lampung, Universitas Tanjungpura, Universitas Perjuangan, Universitas Satya Wiyata Mandal Nabire Papua, Universitas Hasanuddin Makassar, Universitas Musamus, Universitas Andalas, dan Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Buku Panduan, lengkap dengan abstrak artikel yang dipresentasikan dapat diunduh melalui link berikut ini:  https://goo.gl/rkqhY6

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.