Senin, 6 Februari 23

Seminar Desain Bertaraf Internasional Hadir Dalam IFEX 2016

Seminar Desain Bertaraf Internasional Hadir Dalam IFEX 2016
* Sesi seminar menampilkan Golf Jakkapun Charinrattana, Budi Pradono, Tri Anugerah, dan moderator Adhi Nugraha dari Indonesia Desainer.

Jakarta, Obsessionnews – Asosiasi Mebel dan Kerajinan Indonesia (AMKRI) menyelenggarakan seminar desain bertaraf internasional dengan tema “Reimagining Craft & Design in Asia”, pada Sabtu (12/3/2016), di sela-sela perhelatan Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2016.

Seminar ini membahas mengenai potensi dan peluang tren untuk pengembangan desain furnitur di dunia. Selama ini desain dan pengembangan produk inovatif dinilai sebagai kunci sukses bersaing di pasar global.

Berdasarkan rilis yang dikirim panitia, ada tiga tujuan dari digelarnya seminar ini. Pertama, untuk meningkatkan wawasan akan tren desain furnitur di dunia. Kedua, melihat peluang pengembangan desain yang akan datang. Ketiga, memahami potensi keunggulan desain Asia dan peluang nilai tambah melalui potensi skill dan material dari industri mebel Indonesia.

Hadir sebagai narasumber adalah para pembicara kelas dunia yang karyanya sudah dikenal luas oleh publik, khususnya mereka yang berkecimpung di dunia desain produk atau desain interior. Seminar ini menghadirkan Ricky Pesik, Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif sebagai pembicara utama.

Sedangkan pembicara lainnya yang hadir antara lain Zhu Xiaojie (Opal Furniture, China), Golf Jakkapun Charinrattana (Thailand), Julian Reuter (Out for Space, Jerman). Selain itu, tampil juga pembicara lokal seperti Alvin Tjitrowirjo, Tri Anugerah, dan Budi Pradono.

Desainer Indonesia yang dipilih adalah desainer yang telah memiliki citra serta dikenal di dunia internasional, berkarya dengan produk berbasis bahan baku lokal dan menjadi cermin kebanggaan talenta bangsa Indonesia di dunia.

Menurut Rina Renville dari Indonesia Desainer, industri di Indonesia sebaiknya tidak hanya melihat pasar dan harga yang murah tetapi juga nilai yang lain.

“Desain merupakan bagian yang sangat penting bagi sebuah produk furnitur. Desain yang unik, kreatif, dan kental dengan nuansa lokal menjadi daya tarik yang banyak dicari konsumen dalam dan luar negeri. Dalam pameran IFEX ini, Indonesia Desainer mengadakan seminar ini untuk memberikan wawasan kepada para desainer agar potensi desainer bisa terus dikembangkan,” imbuh Rina.

Melalui seminar tersebut, AMKRI mengharapkan tersedianya fasilitas penunjang untuk melakukan kegiatan pengembangan desain (design center) sekaligus perlindungan desain (HAKI) di wilayah-wilayah basis industri sebagai syarat terjadinya kemandirian dalam hal desain yang dikelola secara komprehensif dan berkesinambungan.

Hal ini mutlak diperlukan sebagai syarat utama terbentuknya kemampuan daya saing industri yang ditopang oleh kualitas desain produk yang layak pasar.

Untuk itu, AMKRI mengajak berbagai instansi terkait untuk mewujudkan hal di atas antara lain Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Usaha Kecil Menengah dan Koperasi, Kementerian Hukum dan HAM, Asosiasi dan Pemerintah Daerah.

“Hal-hal inilah yang ingin kami gali lebih banyak lagi dari para pembicara internasional yang kami hadirkan pada seminar kali ini. Indonesia sendiri memiliki begitu banyak desainer bertalenta luar biasa yang kami yakin bisa menembus pasar dunia,” pungkas Rina. (Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.