Jumat, 19 April 24

Semen Indonesia-Samana Bangun Pabrik Rp5 Triliun

Semen Indonesia-Samana  Bangun Pabrik Rp5 Triliun
* Penandatangan antara jajaran direksi PT Semen Indonesia dengan PT Samana Citra Agung (Foto: Humas BUMN)

Jakarta, Obsessionnews PT Semen Indonesia Aceh antara PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dengan PT Samana Citra Agung melakukan join ventura untuk mambangun pabrik di Aceh, senilai Rp5 Triliun.

Penandatanganan dilakukan Kamis (17/3/2016), lalu di Kantor Kementerian BUMN, seperti dilansir bumn.go.id, Senin (28/3).

Penandatanganan dilakukan Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Suparni dengan Direktur Utama PT Samana Citra Agung, Deni Fahlevi dan disaksikan oleh Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media, Fajar Harry Sampurano serta dihadiri oleh Anggota Komisi VI DPR RI, Fadhullah, dan Jajaran Dewan Komisaris PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Kesepakatan kerja ini didasari oleh rencana dari Semen Indonesia untuk memperluas kapasitas produksi dengan membangun kapasitas baru di wilayah Sumatera, bekerja sama dengan Samana Citra Agung, perusahaan lokal di Aceh yang bergerak di bidang pertambangan dan industri mineral.

“Ini adalah sebuah strategi perusahaan mengingat permintaan semen di wilayah Sumatera, khususnya Aceh, Sumatera Utara, Riau dan Kepulauan Riau,” ujar Suparni.

Baca juga:

BUMN Bahas Strategi Kurangi Emisi

BUMN Siap Ambil Alih Blok Masela

Jokowi: BUMN Jangan Jago Kandang

Menurutnya, proyeksi pertumbuhan permintaan semen di area pemasaran yang berdekatan dengan pabrik Semen Indonesia Aceh mencapai 6,5 persen per tahun dalam jangka panjang. Jadi pembangunan pabrik baru ini merupakan langkah tepat untuk mengantisipasi sekaligus memenuhi permintaan.

Perusahaan patungan PT Semen Indonesia Aceh ini didirikan dengan perkiraan investasi sekitar Rp 5,0 triliun dan rencana pembangunan dimulai pada tahun 2016 dan diharapkan beroperasi 2020. Pabrik Semen Indonesia Aceh akan dibangun di Kecamatan Batee dan Muara Tiga, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh dengan luas lahan 1.500 Ha dan memiliki kapasitas 3 juta ton semen per tahun.

“Harapannya apa yang telah dibangun oleh Semen Indonesia ini bukan hanya sampai disini, namun akan ada kerjasama lainnya sebagai bentuk ekspansi pabrik semen baru di daerah lain, terutama yang ditimur,” harap Fajar Harry Sampurno.

Suparni juga mengungkapkan bahwa ini adalah sebuah investasi produktif dimana mampu meningkatkan daya saing perusahaan dan ‘kelahiran’ ini diharapkan membawa berkah bagi semua pihak. (@reza_indrayana)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.