Jumat, 22 Oktober 21

Selena Gomez dan Lupus, Penyakit Seribu Wajah

Selena Gomez dan Lupus, Penyakit Seribu Wajah
* Selena Gomez.

Jakarta, Obsessionnews.com – Penyanyi Selena Gomez dalam akun instagramnya memposting foto tengah menjalani transplantasi ginjal di salah satu rumah sakit.

Ia tengah menjalani pengobatan penyakit Eritematosus Sistemik (SLE) atau lupus
yang ia derita sejak tahun tahun 2008 lalu.

Momen transplantasi ginjal yang dia lakukan kemudian diunggah dalam akun Instagram pribadinya. Dalam foto itu terlihat Selena tengah berbaring bersama donornya, Francia Raisa.

“Tidak ada kata yang bisa menjelaskan rasa terima kasihku kepada sahabatku Francia Raisa. Dia sudah memberi saya hadiah luar biasa dan pengorbanan dengan mendonasikan ginjalnya padaku,” ujarnya.

Lupus merupakan penyakit autoimun yang bisa mengincar banyak organ tubuh manusia.

Penyakit ini ditandai adanya produksi antibodi terhadap tubuh sendiri secara berlebih, sehingga menyebabkan peradangan dan kerusakan jaringan tubuh.

Tak heran, pada tahun 2016 lalu, Selena sempat mengumumkan bahwa dirinya tengah rehat sejenak dari dari dunia musik.

Lupus dikenal sebagai penyakit 1.000 wajah. Disebut demikian karena lupus tidak memiliki gejala yang khas. Setiap penderita lupus berbeda-beda dara penangannya.

Lupus tidak memiliki gejala khas. Gejala lupus sangatlah beragam, antara lain:

– Pegal linu seperti rematik
– Sendi terasa sakit dan bengkak
– Mudah capek
– Tak enak badan (nggregesi) atau demam
– Wajah mulai merah-merah
– Pada kulit muncul bintik-bintik
– Rambut rontok
– Sering sariawan
– Bila terkena sinar matahari, sering pusing atau warna kulit berubah
– Nyeri sendi, kemudian membengkak

Namun bukan berarti jika terkena satu gejala lantas didiagnosis lupus. Namun jika gejalanya terjadi secara berurutan dan lebih dari dua minggu, pasien dianjurkan untuk segera memeriksakan diri.

Dahulu penyakit SLE tidak dapat sembuh dan berujung kematian. Tetapi kondisi pada zaman sekarang sudah jauh lebih baik. Berkat pengobatan SLE yang terus berkembang, hampir semua penderita SLE saat ini dapat hidup normal atau setidaknya mendekati tahap normal.

Bantuan dan dukungan dari keluarga, teman, serta staf medis juga berperan penting dalam membantu para penderita SLE dalam menghadapi penyakit mereka.

Patut diwaspadai juga stres dan kelelahan bisa membuat lupus gampang kambuh. Jadi bisa dimaklumi sebelumnya Selena Gomez memilih rehat dulu dari dunia hiburan.

Berita tentang lupus tersebut menjadi trending topic di mesin Google sejak kemarin, Jumat (15/9/2017) hingga Sabtu (16/9). Pantauan Obsessionnews.com di Google Trends wilayah Indonesia pada Sabtu (16/9) hingga pukul 08.25 WIB, berita tersebut dicari lebih dari 20.000 kali. (Popi).

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.